Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
261


Selain Gunung Semeru, Gunung RInjani sering disebut-sebut sebagai gunung wajib bagi setiap pendaki. Bahkan, saking indahnya, kita yang awam dalam pendakian pun ikut terpesona dengan pemandangan yang eksotis.

Sayangnya, Minggu pagi, 29 Juli 2018 kemarin terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 SR mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, NTB. Selain menimbulkan kerusakan, gempa ini juga menimbulkan banyak korban.  Jumlah pendaki yang berhasil dievakuasi dari Gunung Rinjani sampai Senin, 30 Juli mencapai 543 orang, dimana 189 orang di antaranya merupakan WNA.

Meskipun saat ini Gunung Rinjani ditutup sementara karena longsor dan kerusakan, setidaknya 4 alasan ini mengapa orang-orang masih ingin mengunjungi gunung yang disebut-sebut sebagai gunung bintang 5.

1. Segara Anak, danau dengan pemandangan bagai di negeri dongeng

Danau yang terletak pada ketinggian sekitar 2000 Mdpl ini berada tepat di bawah gunung berapi aktif. Warna air danau yang berwarna kebiruan seperti laut ini nggak jarang bikin orang memilih tempat ini untuk bermalam di tenda atau memancing dipinggir danau sebab ada banyak sekali ikan yang ada dalam Danau Sagara Anak. Buat kita yang penasaran dengan keindahannya, pemandangan Sagara Anak bisa dilihat pada uang pecahan 10000 ruoah tahun 1998-an.

2. Jalur pendakian bintang 5

Rinjani jadi gunung tertinggi nomor 3 di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Cartenz. Nggak heran kalau setelah naik ke punjang, kita bisa menikmati indahnya kaki langit yang luas, lanskap pemandangan Gunung Batur, Gunung Agung, Gunung Tambora dan lautan lepas akan membuat mata kita takjub akan indahnya ciptaan Tuhan ini. Dengan ketinggian tersebut, orang banyak pasti langsung berpikir kalau untuk mencapai punjak Rinjani, kita perlu menapaki beratnya jalur perjalanan.

Namun, dibalik panjangnya perjalanan tersebut, kelalahan kita akan terbayar lunas dengan pemandangan kiri kanan yang eksotis. Rinjani juga punya hitan hujam pegunungan rendah, savana yang luas lengkap dengan bunga abadi edelweis, dan hutan hujan pengunungan tinggi. Inilah alasan mengapa Rinjani disebut sebagai gunung berbintang 5.

3. Lengkap dengan goa dan pemandian air panas

Nggak hanya danau, padang savana, Rinjani juga menyuguhkan Goa dan pemandian air panas. Coba deh setelah kaki pegal-pegal karena harus mendaki, kita bisa bersantai-santai sambil ditemani indahnya pemandangan sekeliling pemandian air panas ini.

Goa Susu dan Goa Payung Mas disbeut-sebut sebagai keindahan tersembunyi yang ada di Gunung Rinjani. Untuk mencapai kesini, kita harus menempuh medan yang cukup sulit dan jalur yang sering bikin orang tersesat.

Baca juga: Bukan Bandung Atau Jogja, Surabaya Tempati Posisi Teratas Bidang Pariwisata, Ini Alasannya

4. Pelawan Sembalun yang suguhkan sunset romantis

Udara yang segar, suasana tenang dan damai sering menjadi alasan kenapa ada banyak orang mendaki. Satu hal yang tidak boleh terlewat saat mendaki adalah berburu sunset dan sunrise. Dari sini, kita bisa melihat punjak Gunung Rinjani, menikmati sunset sekaligus menikmati indahnya Danau Segara Anak.

Meskipun saat ini kita sedang berduka karena bencana alam yang terjadi di Gunung Rinjani, ada banyak alasan buat kita untuk mendatangi gunung yang menyuguhkan pengalaman dan pemandangan yang indah ini. Sambil menunggu Gunung Rinjani kembali dibuka untuk umum, yuk bawa kejadian ini dalam doa, kiranya Tuhan Yesus menyertai setiap orang yang ada di lokasi dan mereka bisa selamat dari gempa Rinjani.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok