Nggak Banyak Yang Tahu, Ternyata Biji Pepaya Bisa Dimakan. Ini Manfaatnya!

Health / 30 July 2018

Kalangan Sendiri

Nggak Banyak Yang Tahu, Ternyata Biji Pepaya Bisa Dimakan. Ini Manfaatnya!

Naomii Simbolon Official Writer
4087

Kalau ditanya biji buah pepaya, kira-kira bisa dimakan nggak sih menurut kamu?

Pas saya bertanya sama teman-teman saya, hampir 90 persen dari mereka menjawab "tidak bisa dimakan." Saya pun demikian.

Buah pepaya memang sangat disukai banyak orang, hal itu karena rasanya enak dan profil nutrisinya sangat luar biasa untuk tubuh

Nggak cuma itu, ternyata nih , biji buah pepaya bisa di makan juga!

Dikutip dari Healthline.com, justru biji papaya sangat bergizi banget, walaupun memang ada beberapa efek samping yang perlu kita perhatikan sebelum memakannya.

1. Biji pepaya itu mengandung berbagai mikronutrien esensial

Biji pepaya, sangat tinggi polifenol dan flavonoid, dua senyawa yang bertindak sebagai antioksidan yang bagus banget untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh menjadi jauh lebih baik.

Antioksidan yang terkadung di biji buah ini berperan melawan radikal bebas penyebab penyakit yang mengakibatkan stres oksidatif, selain itu berfungsi juga menangkal penyakit kronis.

2. Biji pepaya dikemas oleh sejumlah besar asam lemak tidak jenuh yang tunggal dan sehat

Menurut sebuah penelitian, pada orang yang diabetesnya tipe 2, memakan makanan yang memgandung asam lemak yang tak jenuh bisa menurunkan kadar trigliserida sebesar 19% dan menurunkan kolestrol lipoprotein densitas rendah (VLDL) sebesar 44%.

3. Biji pepaya mengandung dosis serat yang sehat

Semakin mengkomsumsi makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu kita mengurangi tekanan darah dan kadar kolestrol.

Selain itu, bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes dan mengurangi obesitas.

4. Biji pepaya juga bisa membantu memerangi infeksi dan menghancurkan jenis jamur dan parasit tertentu.

Menurut satu studi tabung yang sudah di uji, ekstrak biji pepaya sangat efektif mengatasi jenis jamur yang berbeda, termasuk patogen spesifik yang mengakibatkan infeksi ragi.

Studi kecil lain juga menemukan bahwa minum ramuan yang terbuat dari biji pepaya kering dan madu secara signifikan sangat efektif membunuh parasit usus dari pada placebo.

5. Selain itu, biji pepaya juga sangat bagus melindungi fungsi ginjal

Ginjal memainkan peran yang sangat penting dan integral dalam kesehatan. Ginjal bertindak sebagai filter untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh kita.

Mengkomsumsi biji pepaya bisa melindungi dan menjaga kesehatan fungsi ginjal kita, hal itu karena biji pepaya mengandung antioksidan yang bisa menghancurkan atau mencegah kerusakan oksidatif sel-sel ginjal kamu sehingga terlindungi.

Karena biji pepaya sangat kaya akan kandungan anti bakteri, kamu nggak boleh memakannya dalam jumlah yang berlebihan ya. Dalam sehari nggak boleh mengkomsumsi lebih dari 1-2 sendok teh makan dalam bentuk apapun. Baik itu sudah ditumbuk, atau dikeringkan dan di giling atau makan mentah begitu saja!

So, mulai sekarang jangan takut dengan biji pepaya ya! Biji pepaya bisa di makan. Yuk, kasih tahu teman-temanmu. Ini bisa bantu kesehatan mereka juga loh!

Sumber : healthline | deherba | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami