Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
759


Selama ini, kata kecerdasan emosional atau EQ sering terdengar di telinga kita. Secara garis besar, kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Emosi biasanya mengacu pada perasaan terhadap informasi suatu hubungan. Berdasarkan hal di atas, banyak orang mengatakan kalau kecerdasan emosional sangat berpengaruh pada kemampuan kita menjalin sebuah hubungan dengan orang lain.

Mungkin sebagian dari kita pernah bertanya, seperti apa sih bentuk kecerdasan emosional yang bisa kita temukan sehari-hari? Berikut adalah 19 contoh kecerdasan emosional yang bisa kita temukan dalam keseharian.

1.  mendahulukan perasaan

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi dapat mengidentifikasi emosi dan memahami perannya dalam mempengaruhi pikiran, perkataan dan perbuatan orang lain. Cara ini mereka lakukan dengan melakukan observasi atas orang lain dan diri mereka sendiri, menyelidiki observasi tersebut, dan kemudian menentukan solusi atas masalah tersebut.

Hal ini memungkinkan kita dengan kecerdasan emosional tinggi bisa memahami perasaan orang lain dan bagaimana cara menanggapi orang lain dengan perasaan tersebut, termasuk untuk mengidentifikasi alasan atas setiap perbuatan yang kita lakukan.

2.  Memberi jeda

Emosi yang ada dalam manusia berlalu seiring berjalannya waktu, seringkali hal ini membuat seseorang membuat keputusan impulsif yang membuatnya menyesal. Sebelum melakukan ini, mereka akan memberi waktu untuk berpikir sebelum bicara atau melakukan tindakan tertentu, terutamas saat mendapati dirinya berada dalam sebuah fase emosional yang kurang stabil. Singkatnya, tujuan mereka adalah agar tidak mengambil keputusan berdasarkan emosi sesaat.

3.  Mengontrol pikiran mereka

Emosi yang kita rasakan terjadi atas sebuah peristiwa yang terjadi, artinya adalah kita tidak bisa mengontrol bagaimana perasaan pada waktu-waktu tertentu. Saat berhadapan dengan posisi seperti ini, orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan mulai fokus pada pemikiran mereka, sehingga tidak mengikuti emosi yang timbul dalam diri mereka.

Baca juga: Buat Kita Yang Berbeban Berat, Inilah 4 Alasan Kenapa Kita Perlu Punya Kakak Rohani

4.  Menunjukkan empati

Dibandingkan memberi label atau menghakimi orang lain, orang dengan kecerdasan emosional tinggi akan melihat sudut pandang dari posisi orang tersebut. Mereka mendengarkan, bukan berdasarkan penghakiman, melainkan untuk memahami posisi orang tersebut, sehingga mengantarkan mereka pada hubungan yang jauh lebih dekat.

5.  Mengampuni

Mengucapkan permohonan maaf bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang. Namun, mereka yang menyadari pentingnya perkataan ini memahami kalau permohonan maaf tidak selalu berarti kita salah, hanya saja kita menempatkan sebuah hubungan kita diatas dari sifat egois yang ada dalam diri kita sendiri.

Membenci orang lain sama halnya seperti membiarkan sebuah pisau berada dalam sebuah luka. Kita tidak akan bisa mengobati luka tersebut sebelum mengampuni orang yang kita benci. Dengan mengampuni, orang yang punya kecerdasan emosional bisa melanjutkan kehidupannya jauh lebih baik.

Tidak ada satu orangpun yang bisa mengendalikan emosinya dengan baik. Seringkali kita dihadapkan pada posisi dimana keputusan yang kita ambil didasarkan dari emosi yang dirasakan. Untuk memiliki kecerdasan emosional, kita harus bisa mempelajari setiap keadaan tersebut. Terlebih sebagai anak Tuhan, kita sudah memiliki buah roh untuk mengendalikan diri.

Sumber : inc

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mei Santi 19 February 2019 - 12:28:15

Bebas dari hutang

0 Answer

Melva Rut Wewengkang 19 February 2019 - 11:44:09

Kesaksian

0 Answer

Hallo 18 February 2019 - 23:17:54

Apakah terlibat tawuran demi membela harga diri ke.. more..

0 Answer


Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Banner Mitra Week 3


7237

advertise with us