Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
476


Kita semua pasti sepakat kalau pekerjaan merupakan salah satu hal penting yang kita lakukan dalam kehidupan ini. Nggak cuma sekedar untuk mencukupi kebutuhan hidup, bekerja juga merupakan salah satu pembuktian diri, sarana untuk belajar, sekaligus wadah untuk menuangkan passion kita.

Saat pasangan kehilangan pekerjaan, tidak hanya dirinya yang mengalami kekecewaan, kita juga pasti ikut merasakannya. Sebab hal ini juga secara otomatis dapat mengubah kondisi keuangan pada keluarga. Meskipun kita akan mengalami perubahan-perubahan dalam kehidupan rumah tangga, kita harus memahami kondisi pasangan yang baru saja kehilangan pekerjaannya.

Dibawah ini merupakan cara-cara yang bisa kita lakukan saat pasangan kehilangan pekerjaannya.

1. Menjaga diri untuk tetap tenang

Kondisi pasangan yang kehilangan pekerjaannya pasti mengejutkan kita. Namun sikap yang langsung memborbardir pasangan dengan pertanyaan bagaimana keluarga kita akan meneruskan kehidupan tanpa sosok pasangan yang bekerja akan menjadikan suasana menjadi buruk. Kita harus memahami kalau pasangan juga sama-sama mengalami kekecewaan. Dukungan doa dan kalimat yang menenangkan dapat membuat perasaan pasangan menjadi jauh lebih baik.

2.  Dengarkan tanpa menghakimi

Setiap keputusan yang diambil oleh pasangan, pasti ada alasan dibaliknya. Kita tidak perlu memaksa pasangan untuk menceritakan kenapa akhirnya ia bisa kehilangan pekerjaannya, beri sedikit waktu untuk pasangan dan percayalah kalau akan ada waktu dimana ia akhirnya memutuskan untuk menceritakannya pada kita.

Kita harus bisa menunggu sampai pasangan bisa berbicara terlebih dahulu mengenai keadaan ini. Saat waktu itu tiba, kita harus bisa mendengarkan tanpa menghakimi setiap keputusan yang diambil oleh pasangan.

3. Saat suami yang kehilangan pekerjaan, hilangkan keinginan untuk menggantikan perannya sebagai kepala keluarga

Suami adalah kepala keluarga. Titik. Mungkin saat ini suami kehilangan pekerjaannya, tapi ini tidak berarti kalau suami kehilangan posisinya sebagai kepala keluarga. Mungkin saat ini kitalah yang menanggung beban finansial keluarga, tapi terus ingatkan pada diri sendiri kalau kondisi ini hanyalah sementara. Nah sambil menunggu suami kembali mendapatkan pekerjaan, kita bisa memintanya untuk membantu mengasuh anak atau membersihkan rumah.

Baca juga: Nggak Melulu Selingkuh, 4 Sikap Ini Juga Bikin Pasangan Merasa Dikhianati

4. Beri apresiasi atas setiap tindakannya

Kehilangan pekerjaan tanpa adanya perencanaan sebelumnya dapat membuat pasangan terpukul. Dukungan kita sangat dibutuhkan untuk membuat perasaannya lebih baik. Berikan apresiasi dalam bentuk pujian atas setiap pekerjaan kecil yang ia lakukan sehari-hari.

5. Tentukan waktu yang tepat untuk kembali bicarakan kondisi keuangan

Kehilangan pekerjaan berarti kondisi keuangan kita juga akan berubah. Ada banyak orang yang langsung mendorong pasangannya untuk segera mencari pekerjaan yang baru dan bertanya tentang perkembangannya. Sikap ini dapat membuat pasangan menjadi semakin panik sekaligus beban. Boleh kok kita bertanya tentang status pekerjaannya, tapi usahakan untuk tidak bertanya setiap hari, ya.

Pada saat-saat seperti ini, ingatkan pada diri sendiri kalau kita punya Tuhan Yesus yang selalu membuka tanganNya untuk menolong setiap pergumulan kita. Mimpi Tuhan jauh lebih besar dibandingkan mimpi kita sebagai manusia.

Sebagai pasangannya, kita harus terus mengajak pasangan untuk berdoa dan menyerahkan setiap langkah yang akan kita lakukan. Sebab Tuhanlah Allah yang akan menyediakan setiap kebutuhan kita di rumah.  

Sumber : wollipop

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

Konselor