Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1074


Hampir separuh dari warga Inggris (khususnya orang dewasa) setuju kalau dunia akan jauh lebih baik tanpa agama. Jawaban ini disampaikan sekitar 47% warganya dan sekitar 70% lainnya setuju kalau sebagian besar perang dalam sejarah dunia terjadi karena masalah agama. Sementara 61% diantaranya berpendapat bahwa ajaran agama pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kedamaian. Hanya 12 orang yang mengaku tak setuju bahwa tanpa agama maka dunia akan jauh lebih baik.

Tapi empat dari lima orang dewasa Inggris berpikir kalau perang terjadi karena ekstrimisme agama. Sedang agama itu sendiri sebenarnya bertujuan baik. Jadi yang harus disalahkan adalah kekerasan atas nama agama.

Baca Juga : Setengah dari Penduduk Inggris Nggak Beragama, Alasannya Sungguh Mengejutkan

Adapun data ini didapatkan dari sebuah acara jajak pendapat di Comres dan lembaga think tank Theos yang dihadiri sejumlah peserta. Hasil jajak pendapat ini kemudian di terbitkan di media Theos dengan judul ‘Killing the Name of God: Addressing Religiously Inspired Violence (Pembunuhan Atas Nama Tuhan: Mengatasi Kekerasan yang Dipelopori oleh Agama) yang ditulis oleh ahli etika Kristen Profesor Robin Gill.

Di dalamnya, Gill membeberkan tentang penyebab munculnya kekerasan agama yang terjadi belakangan ini. Dia juga menunjukkan bahwa ada banyak kebingungan dan karikatur yang menggambarkan aliran agama baru yaitu Atheis, seperti yang digambarkan oleh Richard Dawkins dan Christopher Hitchens terkait agama dan kekerasan.

Gill juga berpendapat kalau di dalam buku-buku agama ada banyak kesimpangsiurkan yang menyebabkan penganut agamanya menginterpretasikan arti yang salah seperti membenarkan tindakan kekerasan.

Menanggapi artikel tersebut, Profesor Ian Linden dari Studi Agama di SOAS menyampaikan pendapatnya bahwa meskipun ekstrimisme agama tampak jadi berita utama belakangan ini, tapi kekerasan sekuler lewat ideologi nasionalis otoriter dan ekstrim justru dianggap jauh lebih berbahaya.

Pemimpin lembaga penelitian Theos Nick Spencer sendiri pun angkat suara untuk menanggapi hal ini. Dia menulis dalam artikelnya bahwa, “Banyak orang mengaitkan agama dan kekerasan, walaupun lebih banyak lagi yang berpikir kalau ajaran agama pada dasarnya bersifat damai dan kekerasan agama berubah menjadi tindakan ekstrimis sebenarnya bukanlah ajaran dari agama itu sendiri”.

“Ini adalah gambaran yang membingungkan, tapi masih jadi tantangan nyata bagi semua orang beragama untuk mengecam semua bentuk kekerasan agama dan memperbaiki isi kitab suci mereka dengan hati-hati,” tulis Spencer.

Indonesia adalah salah satu negara yang juga mengalami dilemma yang sama, dimana sejumlah kelompok ekstrimis mengadu domba masyarakat dengan mengatasnamakan agama. Akibatnya, peperangan dan konflik pun tak bisa dihindari karena ada banyak orang yang begitu mudah terbakar oleh hasutan dan juga ideologi keliru akan agamayang disebarkan sekelompok orang.

Inilah tantangan baru yang sedang dihadapi masyarakat internasional (kita). Jadi, mari kembali menyadari bahwa esensinya agama itu baik dan mengajarkan kasih bagi semua orang. Kitab Suci adalah pedoman hidup kita dan untuk bisa mencerna isinya, kita perlu meminta bantuan dari orang-orang yang benar-benar paham akan isi kitab tersebut.

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Melinda 23 October 2018 - 16:31:33

Doa kesembuhan

0 Answer

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7278

Konselor