Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
315


Namanya juga kerja, nggak mungkin kalau nggak capek. Namun hal ini nggak berarti kita harus meninggalkan kantor dengan wajah kusut dan perasaan badmood. Walaupun energi dan pikiran sudah terkuras, yuk lakukan 7 langkah ini agar kita meninggalkan kantor dengan perasaan senang.

1. Tuliskan hal yang telah kita capai dalam seharian tersebut

Setiap hal yang telah kita selesaikan pada jam bekerja, itu adalah hal yang seharusnya membuat perasaan kita senang. Bukan hanya karena akhirnya pekerjaan kita telah selesai, tapi juga karena kita telah memberikan usaha terbaik pada setiap pekerjaan tersebut.

Awalnya mungkin kita akan merasa kalau pekerjaan kita ya gitu-gitu aja, tapi setelah menuliskannya, kita menyadari kalau ada banyak hal yang telah kita kerjakan dan betapa produktifnya kita di hari ini. Bahkan, dikutip dari Inc Asean, memberi tahu diri sendiri kalau menghapus-hapusi email lama dan bercakap-cakap dengan teman sekantor juga termasuk tindakan produktif yang telah dikerjakan.

2.  Buatlah jurnal terima kasih

Bersyukur merupakan satu tindakan yang luar biasa. Mengambil waktu selama 10 menit sebelum meninggalkan meja kerja dan menuliskan segala hal yang patut kita syukuri dapat mengubah sudut pandang kita dalam berpikir. Pada akhir jam kerja, kita jadi menyadari kalau pada setiap tindakan yang telah kita lakukan, ternyata ada campur tangan Tuhan di dalamnya yang membuat pekerjaan kita selesai dengan baik.

3.  Membantu teman sekantor

Ulurkan tangan kita untuk membantu teman sekantor selagi bisa. Terutama kalau teman tersebut adalah teman satu departemen atau tim yang sama dengan kita. Saat mengerjakan sebuah proyek dan menyadari kalau ada teman yang tidak bisa menyelesaikan deadlinenya, cobalah untuk bertanya apakah ada hal yang bisa kita bantu.

Tidak semua orang merasa nyaman saat meminta sebuah pertolongan, jadi ada baiknya kalau kitalah yang memulai menawarkannya. Menolong sesama membuat perasaan kita jadi jauh lebih nyaman dan senang. Dalam kasus di kantor, menolong teman juga dapat membantu kita menciptakan sebuah hubungan yang baik dengannya sekaligus dapat membuat kita bisa belajar mengenai hal baru darinya.

Baca juga: Saat Punya Pekerjaan Menyenangkan Tapi Bos Menyebalkan, Lakukan 3 Hal Ini

4.  Melontarkan pujian

Saat ada teman yang baru saja selesai menyampaikan presentasinya, kita bisa mengatakan kalau ia telah bekerja dengan sangat baik dan alasannya. Melontarkan pujian pada teman sekerja tidak hanya membuat perasaan kita menjadi senang, tapi juga meningkatkan kepercayaan diri kita dan orang tersebut.

5. Meninggalkan pekerjaan yang cukup menyita pikiran di kantor

Membawa pekerjaan ke rumah tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik. Setelah lelah seharian di kantor, bukankah ada baiknya kita istirahat bersama keluarga? Memutuskan membawa pekerjaan ke rumah juga seringkali membuat seseorang mengalami stres.

6.  Selalu rencanakan hari esok

Sebelum meninggalkan kantor, ada baiknya kita melihat kembali jadwal kita. Tuliskan pekerjaan yang harus kita selesaikan besok, juga dengan siapa kita akan bertemu akan membuat hati kita jauh lebih nyaman dan tenang. Sehingga saat meninggalkan pekerjaan di sore hari, kita merasa tenang sebab semua hal telah disiapkan dan jauh lebih tertata.

7. Dapatkan percakapan bersama teman sekantor

Bisa jadi saat makan siang, bisa saat kita menyeduh kopi di pantry, berkomunikasi dengan seseorang bisa menjadi mood booster buat kita yang terlalu lama berada di depan layar komputer. Mendengarkan suatu topik dari beragam sudut pandang dapat membuat kita belajar mengenai sesuatu, sekaligus mengingatkan kita kalau ada orang yang berjuang bersama-sama kita.

Jadi, siapkah kita untuk menghadapi hari ini dan meninggalkan kantor dengan perasaan yang gembira? Amsal 17:22, "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang." Seperti dalam Amsal, perasaan yang gembira bisa membuat kita jauh lebih semangat dalam menjalani keseharian di kantor. 

Sumber : inc

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok