Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1367


Banyak motivator bilang ‘Kamu harus bisa membayangkan kesuksesanmu di masa depan’. Dan kita pun percaya dan mulai menggambarkan kesuksesan kita masing-masing dengan membayangkannya di dalam pikiran. Jadi pengusaha. Kaya raya. Punya banyak rumah, mobil berjejer, bisa keliling dunia.

Gak ada yang salah dengan metode ini. Karena toh ada banyak orang yang melakukannya dan jadi orang sukses sekarang. Tapi masalahnya adalah, apa sih sebenarnya definisi sukses menurutmu? Apakah sukses yang kamu maksud adalah harus jadi kayak bos Facebook Mark Zuckerberg?

Mari memeriksa ulang apa sih definisi sukses menurut Alkitab.

Bagi orang Kristen, kesuksesan itu adalah sesuatu yang dibangun dengan tujuan yang lebih tinggi daripada sekadar mengumpulkan laba untuk memperkaya diri sendiri. Jadi orang Kristen yang mulai membangun usaha atau bisnis tertentu harus punya tujuan untuk menghormati dan memuliakan Tuhan. Mungkin usahamu memang bergerak dalam bidang untuk memperoleh laba. Gak ada yang salah dengan itu. Tapi pastikan kalau laba yang kamu peroleh diperoleh dengan cara yang benar dan disalurkan untuk hal yang benar pula.

Mark Zuckerberg adalah salah satu pengusaha paling kaya di jagat ini. Sebuah artikel yang dipublikasikan di Business News Daily menyampaikan kalau ternyata kesuksesan pendiri Facebook itu terletak pada 5 cara berpikirnya. Ya, dia memang masih muda dan melejit sangat sukses dengan situs Facebooknya. Tapi bagi orang Kristen, kesuksesan seseorang juga harus tetap melibatkan Tuhan di dalamnya sebagai pribadi yang jauh punya ukuran keberhasilan yang lebihd aria pa yang bisa diperoleh pengusaha terkaya sekalipun.

Jadi kalau kamu melihat kesuksesan Zuckerberg, pastikan untuk memandang kesuksesan dari kaca mata Alkitab juga untuk membantu kita menerapkannya dalam kehidupan kita.

Ada 5 definisi sukses menurut Alkitab yaitu:

1. Sukses Adalah Gairah

Kalau salah satu kunci kesuksesan Mark Zuckerberg adalah gairah.

Alkitab memberi tahu kita dalam Kolose 3: 23-24, “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.”

2. Sukses Adalah Tujuan

Pikirkanlah apakah produk atau usaha yang kamu bangun berguna buat banyak orang atau tidak? Menguntung dan dibutuhkan atau tidak?

Sebagai orang Kristen, pastikan bisnismu dibangun dengan tujuan yang lebih tinggi daripada sekadar menghasilkan uang: mungkin tujuannya untuk memakainya membantu orang lain atau membagikan injil.

“Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” 1 Korintus 10: 31

3. Sukses Itu Adalah Peduli Dengan Orang Lain

Mark Zuckerberg membangun usahanya dan tak lupa untuk mendermakan sebagian dari pendapatannya untuk kegiatan kemanusiaan.

Jadi, ingatlah bahwa untuk mengejar kesuksesan pun jangan pernah lupa dengan orang lain. “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.” 1 Petrus 4: 10

4. Sukses Adalah Inovatif

Seperti Mark Zuckerberg, Tuhan juga bisa membuat kita menjadi sosok yang inovatif untuk mengubah dunia.

“Berkatalah Musa kepada orang Israel: "Lihatlah, TUHAN telah menunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan, yakni untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga;untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan yang dirancang itu.” Keluaran 35: 30-33

5. Sukses Adalah Bisa Membangun Hubungan Baik

Gak ada pengusaha yang bisa sukses dengan usahanya sendiri. Dia harus dibantu orang lain. Tuhan juga butuh kita bisa membangun hubungan dengan Dia.

“Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.” Pengkhotbah 4: 9

Waktu kita menjalani hidup, gak ada salahnya mengikuti jejak beberapa orang terbaik di bidangnya. Tapi selalu ikuti cara-cara yang sesuai dengan firman Tuhan. Karena saat kita mengandalkan Dia, maka semua jalan-jalan kita akan diluruskan. Bahkan Tuhan gak akan ingkar janji untuk memberkati kita berlimpah-limpah.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth