Disalahgunakan, Organisasi Garapan Bunda Teresa Ini Justru Melakukan Jual-Beli Anak
Sumber: http://for91days.com

Internasional / 18 July 2018

Kalangan Sendiri

Disalahgunakan, Organisasi Garapan Bunda Teresa Ini Justru Melakukan Jual-Beli Anak

Inta Official Writer
2438

Sebuah organisasi sosial yang dibangun oleh Bunda Teresa di India diselidiki atas tuduhan bahwa mereka terlibat dalam proses jual-beli anak-anak asuhannya.

Setelah menangkap dua karyawan dari Missionaries of Charity di India atas tuduhan jual beli anak pada awal bulan ini, pemerintah India memberi perintah untuk memeriksa semua pusat perawatan anak yang dikelola organisasi sosial tersebut.

Investigasi yang dilakukan di organisasi sosial Missionaries of Charity untuk ibu hamil, mereka yang tidak menikah yang berlokasi di kota Ranchi, Jarkhand Timur. Seorang suster yang terlibat, Suster Koncilia dan seorang pekerja sosial, Anima Indwar ditangkap setelah mendapati kalau mereka telah menjual empat orang anak.

Termasuk diantaranya adalah seorang bocah laki-laki berusia 6 bulan dengan hanya $ 730. Dari pihak Indwar, dirinya mengakui keterlibatannya atas tuduhan tersebut dan keempat anak yang telah dijualnya ini sedang dilacak keberadaannya.

Dilansir dari Catholic News Agency, seorang polisi mendapati ada sepasang suami istri yang sudah membayar sekitar $ 1.760 untuk seorang anak dari organisasi tersebut. Pasangan tersebut melaporkan hal ini pada pihak berwenang saat Indwar kemudian mengambil anak tersebut tanpa mengembalikan uangnya.

Saat polisi terus menindaklanjuti kasus ini, Menteri Anak dan Perempuan India, Maneka Gandhi memberi perintah untuk segera melakukan pemeriksaan pada fasilitas perawatan anak yang dijalankan oleh badan amal diseluruh India.

BBC melaporkan kalau badan amal tersebut mengatur adopsi dari pusatnya sampai tahun 2015, tapi program ini berhenti karena telah menentang undang-undang baru pemerintah sebab peraturan mereka memudahkan mereka yang tidak menikah atau bercerai untuk memiliki anak.

"Tidak ada lagi pertanyaan untuk memperjual-belikan anak-anak, seperti layaknya Missionaries of Charity yang telah berhenti memberikan anak-anak untuk diadopsi sejak tig atahun yang lalu," jelas Sanita Kumar sebagai salah satu juru bicara.

Jaringan adopsi di India diatur dengan cukup longgar, sehingga ini ikut berkontribusi terhadap tingginya tingkat perdagangan anak di negara tersebut. Gandhi mengatakan kalau ada sebanyak 1.400  lembaga gagal mematuhi undang-undang soal keadilan anak di India tentang semua organisasi sosial atau penampungan anak-anak yang terlibat dalam adopsi harus terdaftar dengan badang adopsi dari pusat.

Missionaries of Charity merupakan organisasi sosial yang didirikan oleh Bunda Teresa, pada tahun 1950. Gereja ini tumbuh menjadi salah satu organisasi sosial yang paling besar di negara India, terutama bagi mereka yang sakit. Vatikan menyatakan Bunda Teresa, yang telah meninggal pada tahun 1997, sebagai seorang suci pada tahun 2016 lalu. 

Sumber : newsweek
Halaman :
1

Ikuti Kami