Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1484


Kasih adalah sesuatu yang kita kagumi dan kita inginkan. Kasih sudah menjadi subjek dari banyak lagu, puisi, soneta dan buku perjalanan sejarah. Ratusan film menggunakannya sebagai temanya.

Dalam banyak hal, kadang kita kehilangan perasaan yang penuh dengan kasih. Setelah kita menghabiskan waktu berlama-lama di Twitter dan Facebook, sering sekali kita lupa apa itu kasih dan gimana seharusnya membuktikan dan berdiri dengan kasih.

Apakah kasih hanyalah salah satu dari hal-hal yang Tuhan ciptakan berhasil kita kacaukan?

Jika Tuhan adalah kasih, kita yang diciptakan dengan gambaran-Nya seharusnya memberi contoh kepada satu sama lain mengenai kasih tersebut.

Ada begitu banyak orang kehilangan pandangan mengenai apa yang Alkitab katakan soal kasih.

Di bawah ini ada beberapa hal yang mungkin akan mengingatkan kita mengenai kasih dan gimana cara menghidupi dan meresponinya.

1. Kita harus memiliki kemampuan untuk mengasihi karena Tuhan

"Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita." (1 Yohanes 4:19)

Kita nggak akan tahu apa itu cinta jika itu bukan karena Tuhan. Dia yang menunjukkan kepada kita bahwa Dia sangat mengasihi kita.

Bahwa Dia memberikan anak-Nya  yang tunggal, supaya siapa yang percaya kepadaNya tidak akan binasa tetapi memiliki hidup yang kekal (Yohanes 3:16).

Sebagian besar dari kita mungkin pernah belajar kasih  dari pengalaman kita, baik itu dari pernikahan, pengasuhan orang tua, pekerjaan dan lain sebagainya.

Namun kasih yang sebenarnya hanya kita bisa dapatkan dari Allah dengan menerima belas kasihanNya, kasih karunia , dan pengampunanNya secara gratis.

Aku rasa, itu cukup memberikan kita kemampuan untuk mengasihi orang lain juga sama seperti yang Dia lakukan.

2. Kasih itu harus aktif, dan butuh sebuah  tindakan

"Kata Yesus kepadanya, "Pergilah dan perbuatlah demikian." (Lukas 10:37b)

Kalau dipikir-pikir, kasih itu adalah kata kerja, mungkin kedengarannya klise. Tetapi Firman Tuhan dengan sangat jelas berbicara soal ini. Yesus memerintahkan kita untuk bertindak dan melakukan kasih.

Untuk menanggapi pertanyaan gimana itu mengasihi sesama kita, Yesus memberi kita perumpamaan tentang orang Samaria yang baik hati. Kamu mungkin nggak bisa seperti orang Samaria yang baik hati dan berkata "aku mengasihimu" kepada orang lain atau membuat ayat-ayat Firman di media sosialmu. Tapi kamu punya tangan yang bersedia untuk kotor untuk melakukan kasih dan menolong mereka yang butuh pertolongan.

"Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dalam kebenaran." (1 Yohanes 3:18)

3. Kasih itu nggak sebuah pilihan tetapi keharusan dalam kehidupan seorang pengikut Yesus

Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22:37-40)

Dalam bagian ini, Yesus menjelaskan bahwa kasih adalah hal yang diminta dari kita. Kita harus mengasihi Tuhan dan mengasihi satu sama lain. Memang mudah untuk mengatakannya namun sulit untuk melakukannya. Tapi perintah Allah, kita tetap harus melakukannya. Mengasihi bukan sebuah saran tapi sebuah keharusan.

4. Kita nggak akan berharga tanpa kasih                     

"Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku." (1 Korintus 13:1-3).

Sangat mudah bagi kita untuk membanggakan diri dengan segala bakat dan kemampuan yang kita miliki, kita juga mudah merasa hebat dengan karir dan gelar sarjana yang luar biasa, atau keluarga yang indah dan lain sebagainya. Tetapi sebagaimana Paulus mengingatkan kepada kita bahwa semua itu nggak akan berharga jika kita nggak memiliki kasih.

Nah, itu dia 4 penjelasan penting soal kasih menurut Alkitab yang bisa kita renungkan bersama-sama.

 

 

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7226

advertise with us