Fakta Alkitab: Apakah Kolam Betesda Itu Sungguh Benar Adanya?
Sumber: https://sangsabda.files.wordpress.com/20

Kata Alkitab / 17 July 2018

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Apakah Kolam Betesda Itu Sungguh Benar Adanya?

Inta Official Writer
24813

Sebagai salah satu kolam yang cukup terkenal dituliskan pada kitab Perjanjian Baru. Pada Yohanes 5:2, Yohanes menuliskan kalau di kolam inilah Yesus menyembuhkan seseorang yang lumpuh selama 38 tahun. Yohanes 5:2, "Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani di sebut Betesda; ada lima serambinya."

Arti nama Betesda

Diambil dari bahasa Ibrani atau Aram, nama Betesda berarti rumah kemurahan atau rumah anugrah. Kata Betesda, baik dalam bahasa Ibrani atau Aram juga bisa berarti malu atau dipermalukan. Makna ganda ini dianggap cocok karena lokasinya dipandang sebagai tempat dipermalukan atas kehadiran orang-orang yang sakit dan cacat, sekaligus tempat kemurahan karena terjadi banyak mujizat kesembuhan.

Naskah kuno dalam Injil Yohanes yang menuliskan Betesda sebagai Beth-zatha atau Bethsaida berbeda dengan kota Bethsaida di Galilea. Meskipun nama Bethsaida untuk Betesda dianggap sebagai korupsi metatetis oleh para pakar Alkitab.

Mencari bukti keberadaan Kolam Betesda

Sejarah mencatat bahwa pada abad pertama masehi, Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ada sebuah kolam yang dalam bahasa Ibrani di sebut Betesda itu ada lima serambinya. Namun ternyata, sampai abad ke 19 tidak ada bukti diluar Injil Yohanes bahwa kolam ini sungguh ada. Maka banyak orang mengira bahwa deskripsi Yohanes mengenai kolam itu tidak dapat diandalkan secara historis.

Di abad 19 akhirnya reruntuhan Kolam Betesda dibersihkan dan kolam ini terbukti ada. Kini kedua kolam yang disebutkan dalam Injil Yohanes, yaitu Kolam Betesda dalam Yohanes 5:2 dan Kolam Siloam dalam Yohanes 9:7 sudah berhasil diidentifikasi.

Kolam Betesda ternyata memang memiliki lima serambi yang tidak tersusun dalam bentuk pentagon. Kolam ini terdiri dari empat serambi yang tengahnya dipisahkan oleh satu serambi sehingga membentuk lima serambi.

Letak Kolam Betesda

Pada zaman Kristus, kolam ini masih berada di luar kota, di luar tembok utara dekat dengan Gerbang Domba yang merupakan pintu masuk ke dalam Bait Suci Allah dari arah utara. Kolam yang telah tertutup reruntuhan selama berabad-abad ini sebagian besar telah digali kembali.

Mereka menemukan bahwa kolam ini berbentu segi empat dengan panjang 120 m, lebar 70 m dan dalam 8 m. Kolam ini dikelilingi oleh serambi pada empat sisinya dan dibagi dua oleh serambi kelima di tengahnya.

Hal ini membenarkan catatan yang ada dalam Yohanes 5:2.

Baca juga: Fakta Alkitab: Kenapa Yerusalem Begitu Penting Bagi Seluruh Negara?

Kolam Betesda disebut dalam Perjanjian Lama

Kolam Atas, atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Upper Pool yang dianggap mengacu pada Kolam Betesda disebut dalam Kitab 2 Raja-raja 18 yang mencatat kejadian dalam zaman pemerintahan Raja Hiskia. Catatan ini juga terdapat dalam Kitab Yesaya 36.

Yesaya 7:3 juga mencatat nama Kolam Atas ini, "Berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya: Baiklah engkau keluar menemui Ahas, engkau dan Syear Yasyub, anakmu laki-laki, ke ujung saluran kolam atas, ke jalan raya pada Padang Tukang Penatu." Sementara dalam Perjanjian Baru, nama Betesda hanya muncul sekali, yaitu pada Injil Yohanes 5:2-3.

Nah, itu dia fakta Alkitab tentang kolam Betesda. Yuk simak lengkapnya melalui video di JC Channel dengan klik gambar di atas J

Sumber : jc channel
Halaman :
1

Ikuti Kami