Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1453


Doa Bapa Kami adalah doa yang sangat populer di dunia kekristenan. Ini adalah doa yang pertama kali diajarkan Yesus kepada murid-muridNya. Karena terlalu seringnya kita dengarkan, jujur saja sebagai orang Kristen kita pasti sering juga hanya sekadar mengucapkannya tanpa merenungi makna mendalam di balik dari doa ini.

Tanpa kita sadari, kita kehilangan arti sebenarnya dari Doa Bapa Kami ini. Mari menelaah arti doa ini kalimat per kalimat.

Bapa kami yang di sorga

Ucapan ini menunjuk Bapa Surgawi yang merupakan sang pencipta kita. Kata ‘kami’ diartikan sebagai aku dan kamu: kita sebagai saudara DAN SAUDARI dalam Kristus.

Dikuduskanlah nama-Mu

Nama Tuhan harus dihormati sebagai pribadi yang suci, tanpa noda. Saat kita membuat pernyataan ini, itu artinya kita mengakui Dia sebagai pribadi yang suci dan menghormatiNya dengan sepenuh hati. Karena kekudusanNya, kita sebagai ciptaanNya tak seharusnya mengucapkan nama Tuhan dengan sembarangan.

Datanglah Kerajaan-Mu, Jadilah Kehendak-Mu di Bumi Seperti di Surga.

Kerajaan Allah ada di Bumi saat kehendakNya terjadi juga. Dengan menyampaikan doa ini, kita mengakui dan meyakini kalau kehendak Allah pasti terjadi di Bumi. Bahkan kita percaya kalau Bumi akan menjadi seperti Surga.

Bukan hanya sekadar mengimani, tapi hal ini akan terjadi ketika kita sebagai ciptaanNya juga turut melakukan kehendakNya dalam kehidupan kita sehari-hari. Ucapan doa ini juga sebagai petisi kita kepada Tuhan supaya Dia menjadikan kehendak-Nya benar-benar terjadi di Bumi.

Berikanlah Kami Pada Hari Ini Makanan Kami yang Secukupnya

Yesus berkata bahwa apapun yang kita minta akan kita terima asalkan kita mengikuti kehendakNya. Sebenarnya, semua yang kita terima dalam hidup ini, baik atau buruk, adalah upah dari tindakan dan pemikiran kita. Karena itu kita harus fokus untuk meminta yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan saja.

Dan Ampunilah Kami Akan Kesalahan Kami

Karena Bapa Surgawi kita adalah pribadi yang suci da kudus, jadi Dia bukanlah pribadi yang suka dengan dosa. Karena itulah, kita harus mengakui setiap kesalahan kita di hadapannya. Karena ‘kesalahan’ diartikan sebagai ‘hutang’ dan ‘dosa’. Jadi, setiap kesalahan yang kita lakukan terhadap diri sendiri dan orang lain adalah tindakan melawan Tuhan. Karena kasih Tuhan, kita dilayakkan mendapat pengampunan kembali. Dan untuk itulah kita harus mengaku dengan jujur di hadapanNya.

Seperti Kami Juga Mengampuni Orang yang Bersalah Kepada Kami

Tujuan utama kita untuk mencari pertumbuhan rohani adalah menjadi serupa seperti Yesus. Tuhan memberikan pengampunan kepada siapapun yang meminta kepadaNya dan saat kita meminta ampun kepada Tuhan, maka hal yang sserupa juga harus kita lakukan kepada orang lain. Saat disakiti, kita harus melepaskan pengampunan kepada orang lain daripada menyimpannya dan hanya membuat penyakit dalam tubuh kita.

Dan Janganlah Membawa Kami ke Dalam Pencobaan

Di sini, kita meminta pimpinan Tuhan supaya saat kita menjalani hari-hari ini, kita bisa berjalan dengan ketaatan kepada Tuhan sehingga kita tak mudah terjatuh dalam berbagai-bagai pencobaan.

Tetapi Lepaskanlah Kami Daripada yang Jahat

Di bait ini, kita kembali meminta supaya Tuhan membimbing kita lepas dari kejahatan. Jadi, kita meminta Tuhan untuk memimpin kita ke tempat yang baik dimana kehendak Tuhan hadir, seperti di Surga.

Karena Engkaulah yang Empunya Kerajaan

Ini adalah pernyataan iman kita bahwa Kerajaan Allah adalah otoritas tertinggi atas langit dan bumi. Meskipun bumi di tempati manusia, tapi kehendak Allah lah yang harus jadi atasnya.

Dan Kuasa

Semua kuasa berasal dari Tuhan. Sebagai ciptaan, Tuhan juga sudah menganugerahkan kita kuasa untuk melakukan apa yang kita mau. Kita bisa memilih untuk memakai kuasa dari Tuhan untuk mewujudkan kehendakNya terjadi di dunia. Dengan mengucapkan kata ini, kita mengakui bahwa sumber kekuatan kita berasal dari Tuhan.

Dan Kemuliaan

Karena Tuhan adalah sang pencipta, maka Dia adalah pribadi yang berkuasa dan bertahta atas alam semesta. Karena itulah Dia layak disebut sebagai pribadi yang ‘Mulia’. Mengetahui hal itu, kita berjanji untuk mengesampingkan ego kita dan melatih kerendahan hati dan mengijinkan Tuhan untuk menerima pujian atas kebaikanNya bagi kita.

Selama-lamanya

Janji Tuhan tak akan pernah berubah. Begitu juga dengan kasihNya. Dia adalah pribadi yang setia. Karena itulah Dia diakui sebagai pribadi yang tak pernah berubah sampai selama-lamanya. Kerajaan, kuasa, kemuliaanNya akan tetap kekal sampai selamanya.

Amin

Amin adalah kata yang artinya ‘kami sudah menerimanya’. Ini semacam materai dari setiap pengakuan doa yang kita sampaikan dari awal sampai akhir. Dan kita percaya dengan iman bahwa janji itu sudah kita terima.

Doa Bapa Kami adalah perjanjian yang kita buat dengan Allah. Kita meminta untuk diberkati dengan kehendakNya. Kita meminta diampuni, dipimpin dan menerima kuasa dariNya untuk melakukan kehendakNya. Sebagai gantinya, kita berjanji untuk menghadirkan Surga ke Bumi lewat setiap tindakan dan perbuatan kita. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

advertise with us