Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
196


Istilah freelancer sudah sangat akrab dengan kita. Tapi tahukah kita kalau sebagian orang lebih memilih untuk bekerja di rumah dibandingkan harus bekerja di lingkungan kantor. Sebagai karyawan juga seringkali kita membawa beberapa pekerjaan untuk dikerjakan di rumah.

Bekerja dari rumah memang terkesan gampang-gampang susah. Gampangnya, kita bisa jauh lebih santai saat bekerja. Sementara sulitnya adalah kalau kita tidak punya kemampuan manajemen diri dengan baik, bisa-bisa tidak ada satupun pekerjaan yang selesai.

Agar kita bisa membatasi diri dari kehidupan pribadi dan profesional saat di rumah, yuk simak beberapa tips di bawah ini.

1. Buat dan selalu ikuti jadwal

Ketika kantor punya aturan pasti soal kapan mulai dan berakhirnya jam kerja, kita bisa mengatur waktu di rumah dengan sangat fleksibel. Tanpa kehadiran atasan atau HRD seringkali diri kita terbawa suasana rumah yang santai, sehingga kita kurang memotivasi diri agar produktif.

Meskipun tidak selalu dari jam 8 sampai 5, setidaknya menyusun sebuah agenda pekerjaan sebelum memulai kerja pada hari ini bisa memastikan kita pekerjaan apa yang harus menjadi prioritas dan selesai hari itu juga.

2. Buat daftar tujuan

Tujuan dapat membuat kita menjadi lebih fokus sekaligus mendorong agar segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain tujuan, kita juga bisa membuat sebuah alasan kenapa tujuan tersebut harus segera terpenuhi.

Alasan tersebut bisa merupakan apa yang akan kita dapatkan saat bisa mencapai tujuan. Misalnya kita punya tujuan untuk menyelesaikan satu buah novel, alasannya adalah dengan novel yang akan kita publish nanti, uang hasil penjualan novelnya akan kita pakai untuk traveling ke negara yang telah kita idam-idamkan untuk kunjungi.

Baca juga: Unik Dan Seru, Yuk Variasikan Ngatur Doku Dengan 4 Metode Dari Berbagai Negara Ini!

3. Organisir ruang kerja

Kebiasaan menunda yang sering kita lontarkan sebenarnya adalah karena suasana yang kurang mendukung produktifitas kita. Contohnya saat kita memilih untuk mengerjakan pekerjaan di atas kasur, bawaannya kita pengin bermalas-malasan seharian.

Cari sudut paling nyaman di rumah sebagai tempat kerja dan anggaplah kalau ruang tersebut layaknya kantor kita sendiri. Dengan cara ini, pikiran sekaligus seluruh tubuh kita akan jauh lebih mudah untuk pindah ke working mode setiap berada di sana. Selain menyediakan meja kerja, pastikan kalau meja kerja kita tetap rapi. Sebab kerja yang terorganisir dan rapi membuat kita jauh lebih nyaman saat bekerja.

4. Memastikan tubuh dapat istirahat yang cukup

Tanpa adanya waktu kerja yang pasti sering membuat kita bekerja dengan waktu yang berlebih. Beberapa orang ada yang merasa jauh lebih baik bekerja pada malam hari, sehingga memilih untuk tetap terjaga sepanjang malam.

Padahal, waktu tidur malam tidak akan bisa tergantikan dengan waktu tidur di waktu lain. Kalau dibiarkan, bisa-bisa mengganggu kesehatan mental maupun fisik kita. Untuk alasan ini juga kenapa kita wajib membuat agenda pekerjaan agar tidak overwork atau keteteran saat bekerja.

Manajemen waktu adalah kunci kesuksesan kita yang bekerja dari rumah. Baik itu wiraswasta, freelancer, atau kita yang memang sengaja membawa pekerjaan ke rumah, biasakan untuk menjadi pribadi yang disiplin. Dengan begitu, setiap pekerjaan yang kita lakukan akan jauh lebih efektif tanpa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh maupun pikiran. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

advertise with us