Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
400


Sebagai orangtua, tentulah kita ingin melihat anak-anak kita berhasil. Namun kadang keinginan itu bisa menyebabkan kita terlalu melindungi mereka dari situasi dimana mereka mungkin gagal. Tapi gimana kalau ternyata kegagalan sangat membantu anak-anak kita mengembangkan kualitas yang diperlukan untuk sebuah kesuksesan jangka panjang dan juga untuk kesehatan rohani mereka?

Justru sebaliknya, membesarkan mereka dengan segala harapan kesempurnaan malah akan menghambat pertumbuhan mereka dan menghasilkan ketidakamanan seumur hidup dan juga ketakutan.

1. Kegagalan ketika ditangani dengan benar, akan bikin anak-anak tumbuh dengan mengambil resiko yang sehat

Saya ingat beberapa tahun yang lalu, adik saya tinggal kelas dan dia gagal dalam ujiannya. Orangtua saya memberi dia dua pilihan, antara pindah kelas dan memulai lagi dari kelas yang sama atau dia tetap sekolah di tempat yang sama dengan perasaan malu.

Keduanya memiliki resiko yang berat, karena sekolah yang baru, dia harus memulai pertemanan baru lagi, sedangkan dia cukup pemalu.

Tetapi pada akhirnya, dia mengambil resiko untuk tetap sekolah di sekolah lamanya dan berusaha giat belajar dan mengharumkan kembali namanya dengan menjadi juara kelas serta dipilih mengikuti perlombaan.

Menurut Klint Bitter, pendeta untuk anak-anak dan siswa di Christ Community Church di Omaha, Nebraska, bahwa anak-anak perlu merasa nyaman dengan kegagalan supaya dia bertumbuh menjadi siapa yang Tuhan inginkan.

Bukan berarti kita menganggap gagal itu selalu normal ya, tetapi bagaimana anak-anak kita akrab dengan kegagalan sehingga nggak bikin mereka takut ketika mereka gagal di dunia nyata ketika mereka bertumbuh dewasa.

2. Kegagalan memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan ketekukan mereka

Persis seperti adik saya tadi. Dia tinggal kelas, namun akhirnya itu mendorong dia bergerak cepat dan menjadi unggulan di kelasnya. Dia menjadi tekun belajar dan berusaha menguasai pelajaran yang paling dia benci sebelumnya.

Dia harus mengabaikan ajakan teman-temannya untuk bermain dan memilih belajar sendirian ketika kami sekeluarga asik menonton sinetron kesukaan kami.

Saya menyaksikan semua itu, dan saya melihat adanya keinginan bagi adikku untuk ikutan. Namun dia berupaya memprioritaskan belajarnya.

Meskipun itu sulit, adik saya berusaha untuk taat, karena dia telah belajar dari kesalahannya dan dia berusaha untuk memperbaikinya. Ini juga membantunya untuk mengembangkan kesabarannya dalam menghadapi tantangan di masa depannya.

Holly Pitman, Direktur sebuah sekolah di St. Paul's United Methodist di Papillion, Nebraska, mengingatkan kita bahwa kegagalan adalah bagian dari kehidupan.

3. Kegagalan membantu anak-anak menghadapi kekecewaan diri

Anak-anak pasti gagal dalam beberapa proses kehidupannya, dijamin dan setiap kali mereka mengalaminya, kita memiliki kesempatan untuk membantu mereka belajar mengolah kegagalan mereka secara konstruktif.

Sebagian besar dari kita mengagumi para CEO, cendekiawan, dan atlet-atlet juga artis -artis yang terkenal secara nasional. Tetapi kita mungkin nggak menyadari tantangan dan kemunduran yang luar biasa yang mereka hadapi sepanjang jalan.  Dalam setiap kegagalan mereka punya pilihan, mereka menggunakan kegagalan sebagai sebuah kesempatan belajar.

Demikian juga dengan anak-anak. Biarkan mereka menyadari bahwa mereka harus mandiri, dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Jika anak-anak kita berhasil dalam segala hal saat ini, mereka mungkin tergoda dan nggak membutuhkan Tuhan lagi. Kegagalan, ketika dievaluasi melalui lensa biblikal yang dipimpin oleh kita sebagai orangtua, akan menunjukkan kepada mereka bahwa kekuatan sejati mereka berasal dari Tuhan, bukan diri mereka sendiri.

Nah, itulah dia 3 hal yang orangtua harus ketahui mengenai kegagalan yang terjadi pada anak. Anak harus mengalami kegagalan, dan itu tidak masalah, asal kita tetap bijak memberitahu mereka mengenai bagaimana merespon kegagalan dengan benar dan mencari jalan keluar bersama-sama di dalam Kristus.

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us