Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
380


Meskipun ada banyak orang yang membahas tentang pentingnya mengatur keuangan, tetap saja kita sering lalai dalam melakukannya. Alasannya karena kita sendiri sering malas untuk mengalokasikan dana-dana tersebut. Padahal merencanakan keuangan penting buat kita di masa yang akan datang, lho. Kita kan nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Pengelolaan uang tidak selalu soal kepiawaian kita dalam berhemat. Nah berikut ini adalah beberapa cara ngatur uang yang efektif dan unik dari berbagai negara. Yuk contoh!

1.  Sistem amplop

Metode ini sudah digunakan oleh kakek nenek kita sejak dahulu kala, nih. Untuk mempraktekannya, kita perlu beberapa amplop yang cukup besar. Itu lho, amplop yang biasa kita pakai saat menitipkan salam tempel di kondangan-kondangan. Kunci sukses dalam metode ini adalah dengan cara budgeting rutin.

Jadi kita perlu mencatat pengeluaran-pengeluaran yang kita perlukan selama satu bulan penuh. Setelahnya, kita kategorikan dan menuliskannya dalam amplop-amplop yang telah kita sediakan tersebut. Setelahnya, kita bisa memasukkan uang sesuai dengan hitungan kita pada masing-masing kategori amplop.

Cara ini bisa membuat kita terpaksa untuk hanya menghabiskan uang sebanyak yang telah kita sisihkan di dalam amplop. Sebagai catatan, budgeting baiknya digunakan saat awal kita menerima pendapatan, bukan saat kita selesai menyelesaikan kewajiban bayar membayar kita.

2.  Sistem 50/20/30

Metode ini dipopulerkan oleh seorang senator asal Amerika Serikat, Elizabeth Warren. Disini, kita akan diminta untuk membagi jumlah pendapatan kita dalam 3 kategori, yaitu setengah atau 50 persen untuk pengeluaran rutin seperti cicilan, makanan, transport atau tempat tinggal.

Kemudian 20 persen untuk investasi atau tabungan, sementaa 30 persen lainnya untuk uang lain-lain, misalnya hiburan, orang tua atau dana darurat. Oh ya, sebagai anak-anak Tuhan, ada baiknya dari 30 persen ini kita memotong 10 persen untuk disisihkan sebagai bentuk ucapan syukur pada Tuhan melalui persembahan perpuluhan.

3. Anggaran bola salju

Metode ini diperuntukkan buat kita yang terlibat dengan utang. Cara ini membuat kita membayar utang secara berurutan dari nominal yang paling kecil hingga utang dengan nominal yang paling besar.

Penerapannya terbagi menjadi 4, yaitu:

Pertama, buatlah daftar hutang dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Kedua, bayarlah tiap-tiap tagihan pada cicilan terkecil kecuali tagihan yang paling kecil.

Ketiga, bayarlah sebanyak mungkin pada utang yang paling kecil

Keempat, ulangi langkah ini sampai semua tagihan terbayar lunas.

4. Sistem kakeibo

Dari namanya saja kita pasti sudah menyadari kalau metode ini berasal dari negara sakura, Jepang. Dalam prakteknya, kita akan diajak untuk mengikuti lima tahapan berikut.

Satu, buatlah daftar pengeluaran rutin setiap bulannya. Mulai dari pengeluaran wajib seperti listrik, air dan makanan, sampai pengeluaran lain seperti hiburan.

Dua, setelah tahu pengeluaran, kita kini mengetahui berapa sisa uang yang tersedia. Sisa uang ini akan kita alokasikan untuk menabung.

Tiga, buatlah pengeluaran rutin mingguan, dan harian.

Empat, kini saatnya kita membuat pengeluaran rutin tahunan. Agak pe-er sih memang, tapi cara ini bisa dimulai berdasarkan tujuan yang kita ingin capai. Contohnya liburan, pengin punya uang berapa di tabungan sampai akhir tahun, dan lain sebagainya.

Lima, cara terakhir adalah membuat laporan evaluasi soal pengeluaran yang sesungguhnya.

Nah dari cara-cara di atas, mana nih yang menurutmu paling mudah? Dari empat cara di atas, hal paling penting dalam perencanaan keuangan adalah pencatatan. Jadi, apa pun metode yang kita ambil, pastikan harus tercatat secara rapi agar kita bisa mengevaluasinya dengan mudah ya J

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us