Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
330


Siapa di antara kamu yang menikah, langsung punya anak? Maksud saya adalah anak tiri.

Ketika saya bertanya mengenai respon teman saya ketika dia hendak memutuskan menikahi pria duda, ia merespon dengan santai, begini : "Saya sudah terbiasa menjaga anak kecil sejak dini, adik-adikku. Jadi mudah bagiku untuk mengurus dan mendekatkan diri kepada anak-anak suamiku," katanya.

Mungkin beberapa dari kamu akan merespon hal yang sama jika diperhadapkan dengan situasi demikian. Namun faktanya, ini cukup sulit karena mengharuskan kamu melakukan sebuah perubahan dan menemukan cara untuk menangani peran baru setelah sekian lama single dan tidak berurusan dengan anak-anak kecil.

Tetapi, meskipun begitu, hidup selalu menyisakan waktu untuk kita terus menciptakan keterampilan, dan seiring waktu, kita akan bisa menyesuaikan diri, asal kita memiliki niat dan kemauan untuk belajar.

Di bawah ini, ada beberapa saran langkah pengasuhan penting yang mungkin bisa kamu praktekkan sendiri ketika memulai kehidupan baru dengan keluarga baru. Nikmati ya!

1. Pelajari cara-cara baru untuk melihat kenyataan dari keluarga baru kamu

Ingat, anak tiri sering sekali rumit dan kadang sulit sekali ditangani. Sebenarnya nggak cuma anak tiri saja, bahkan keluarga kandung sendiripun kala demikian.

Tetapi mungkin anak tiri memiliki kerumitannya sendiri, karena kamu harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan mereka dan lain sebagainya.

Nah, dalam proses ini, cobalah untuk melihat cara-cara baru dalam menyesuaikan diri dan menjalani hidup dengan kelaurga baru kamu, saling belajarlah satu sama lain untuk melihat kenyataan. Dalam prosesnya akan banyak hal yang akan menginspirasi.

2. Beradaptasi sesuai usia anak tiri baru kamu

Perilaku kamu harus disesuaikan dengan usia anak tiri baru kamu. Jika anak lebih muda, maka mungkin lebih mudah kita untuk menyesuaikan diri, dan dalam fase ini biasanya kita masih mudah membangun ikatan satu sama lain.

Nah, kalau anak tiri kamu sudah dewasa, maka beda lagi caranya. Karena anak remaja biasanya menjadi diri mereka sendiri dan lebih keras. Belum lagi pada awal-awal mereka menunjukkan sikap, betapa nggak puasnya dia dengan situasi baru yang mereka miliki.

Saran terbaik dalam situasi ini sih saling menghormati otonomi yang coba dikembangkan oleh remaja. Ia nggak butuh otoritas orang lain untuk awal-awal biasanya, apalagi kamu yang merupakan ibu/ ayah tiri. Sebaliknya, sikap kita yang terbuka akan bikin mereka nyaman dan kita mudah mendekati dan mudah menyesuaikan.

3. Jangan mencoba menggantikan orang tua kandung anak-anak

Jangan memaksakan diri kamu biar disebut atau dianggap sebagai ayah/ibu kandung. Kasih sayang yang dirasakan anak dari orang tua kandung itu, jauh lebih  dalam daripada orangtua tiri, ada perbedaan di antara keduanya.

Anak baru kamu biasanya akan mencintai kamu dalam peran khusus kamu dan dengan caranya yang unik dan tulus.

Jadi, jangan mencoba mencoba-coba menggantikan orangtua kandungnya ya, jadilah dirimu sendiri dan ketahuilah peranmu!

4. Jangan menantang keinginan dan aturan orangtua kandungnya

Ketika orang tua kandungnya, misalnya papa/mama nya melarang anak untuk izin pergi ke pesta ulang tahun, mungkin kamu akan tergoda untuk memberinya izin, membantunya seperti membelikannya pakaian baru, membelikan hadiah untuk anak bawa, atau bahkan mengantar anak ke acara tersebut.

Jangan lakukan ini, karena ini adalah pelanggaran serius yang akan menyebabkan masalah bagi semua orang yang terlibat. Baik kamu, anak ataupun suami.

Nah itulah 4 hal yang bisa kamu tiru dan lakukan untuk menghadapi anak tiri dan menyandang status orangtua tiri. Perlu kamu ingat untuk bergantung kepada Tuhan dan tetap menjadi contoh yang baik buat mereka. Kasihi anak-anak itu sekalipun bukan darah dagingmu, sama seperti Allah mengasihi anak-anakNya yaitu kita semua. Tetap penuh kasih dan hikmat ya! Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : marriage/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us