Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2293


Tenggorokan yang terasa gatal akan cenderung membuat kita batuk. Saat batuk, rasa gatal itu untuk sementara bisa reda. Sebagian dari kita mungkin mengalami batuk berdahak dan ada juga yang batuk kering. Kondisi ini kadang bisa kamu alami selama seminggu atau bahkan sebulan penuh.

Tahukah kamu kalau batuk yang berlangsung selam 3 sampai 8 minggu dikategorikan dengan batuk sub-akut. Sementara bantuk yang berlangsung selama lebih dari 8 minggu termasuk batuk kronis.

Kondisi batuk juga rupanya bisa mengindikasikan penyakit tertentu loh. Supaya lebih paham soal penyakit musiman ini, mari belajar lebih mendalam lewat dua jenis batu ini.

Batuk Berdahak

Batuk berdahak disebut juga dengan batuk produktif, memiliki lendir atau dahak yang menyumbal lubang hidung bagian atas.

Adapun batuk berdahak bisa jadi indikasi penyakit berikut :

1. Flu : biasa penyakit ini disertai dengan hidung berlendir, bersin, mata berair, dan demam ringan.

Penyebabnya : kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Virus yang kebanyakan bisa menyebabkan batuk adalah rhinovirus yang berkembang biak di dalam suhu 91 derajat F.

Masa Penyakit: Gejala ini bisa berlangsung selama 2 sampai 14 hari. Tapi kebanyakan orang sembuh dalam waktu 10 hari.

Penyembuhan : Supaya kesembuhannya jauh lebih cepat biasanya penderita bisa mengkomsumpi pil ekspektoran dan antitusif.

2. Penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK)/ Bronkritis Kronis : batuk basah bisa mengindikasikan penyakit paru-paru krinik atau Bronkritis Kronis. Bisanya batuk ini disertai dengan dahak dan sesak di dada.

Penyebab: Bronkitis bisa terjadi karena kebiasaan merokok, paparan polusi udara yang menyebabkan iritasi paru-paru.

Masa Penyakit: PPOK adalah kondisi batuk yang terjadi dalam waktu panjang. Karena itu penderita harus menjalani pengobatan medis.

 

Batuk Kering

Batuk kering tidak disertai dengan dahak. Kondisinya sama sekali kering. Dan saat seseorang mengalami batuk jenis ini bisa jadi indikasi dari penyakit-penyakit ini.

1. Alergi/Asma : Batuk kering disertai dengan bersin dan mata berair (alergi), sesak napas dan dada.

Penyebab: batuk ini bisa terjadi akibat peradangan dan penyempitan saluran udara.

Masa penyakit: Kondisi ini bisa terjadi kepada siapapun dan di usia berapapun. Bukan hanya menganggu, tapi kondisi ini bisa mengancam jiwa juga loh.

Pengobatan: Untuk menyembuhkan alergi minumlah antihistamin, pakai steroid, dekongestan dan imunoterapi. Sementara untuk asma cobalah menjalani terapi pernapasan.

2. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) : Batuk kering yang disertai dengan sakit teggorokan, suara serak, sensasi terbakar di tulang dada dan juga nyeri di dada bisa jadi indikasi penyakit GERD.

Penyebab: GERD bisa terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan. Penelitian mengidentifikasi GERD sebagai penyebab utama ketiga batuk kronis. Sementara penyakit ini bersifat tidak menular. Penyebab lainnya bisa terjadi akibat paparan udara atau terjangkit bakteri Bordetella pertusis yang sangat menular.

Masa penyakit: Batuk akibat penyakit GERD bisa menjadi kondisi yang kronis. Jadi pastikan untuk memeriksakan diri sesegera mungkin ke pusat pelayanan kesehatan terpercaya.

Pengobatan: Kalau kamu merasa bahwa batuk yang kamu alami adalah gejala dari penyakit GERD, segeralah memeriksakan diri. Orang dewasa dan remaja bisa diobati dengan antibiotic. Bayi mungkin perlu dirawat di rumah sakit. Jangan biarkan kondisi ini berlama-lama atau kalau masih mengalaminya lebih dari 7 hari.

Apakah batukmu menunjukkan gejala seperti penyakit-penyakit di atas? Segeralah mencari pengobatan medis yang terpercaya. 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

yeni farida 12 November 2019 - 18:02:54

Apa bisa bantu saya

1 Answer

Farhan nuzul 11 November 2019 - 21:37:46

Pada percobaan tersebut digunakan 2 tanaman yang t.. more..

0 Answer

Medina Simbolon 11 November 2019 - 14:18:02

Jln keluar. Sudah 1 thn saya menderita miom sudah .. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7273

Banner Mitra November Week 2