Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
351


Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, orang Amerika menghabiskan 8.8 jam sehari di tempat kerja. Nah kalau orang Indonesia, rata-rata menghabiskan 8-10 jam dalam sehari di tempat kerja.

Jadi faktanya bahwa orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan rekan kerja daripada dengan keluarganya.

Nah, karena karyawan menghabiskan begitu banyak waktu dengan rekan kerja, maka sering sekali rekan kerja berperan aktif mempengaruhi suasana hati  setiap hari. Ada yang memotivasi dan ada pula yang menciptakan suasana yang tidak begitu positif.

Sebagai pemimpin, tidak mudah bagi kita untuk menyelaraskan produktivitas dengan suasana yang berbeda dalam kantor. Sering sekali peran kita juga mempengaruhi mereka dalam bekerja.

Coba lihat, di bawah ini ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan, untuk menciptakan produktivitas dalam tempat kerja kamu. Apalagi kamu atasan!

1. Ciptakan suasana kekeluargaan dalam pekerjaan

Saya tidak sedang berbicara bahwa kamu harus memperlakukan karyawan sama dengan cara kamu memperlakukan ibu atau saudara kamu ya!

Yang saya maksud adalah, pastikan karyawan kamu tahu mengenai apa yang kamu rasakan tentang mereka.

Kita bisa bicara soal keburukan anggota keluarga kita , tetapi kita tidak bisa diam saja ketika ada orang lain berbicara negatif tentang mereka. Hal yang sama harus berlaku untuk karyawan kita juga.

Jika kita menginginkan tim kerja yang kuat dan tak terkalahnya, maka buatlah mereka merasa aman terlebih dahulu.

2. Ketahui latar belakang karyawan kamu

Motivasi dalam bekerja merupakan faktor terbesar gimana seseorang tampil bekerja di tempat kerja. Seorang mahasiswa yang bekerja di siang hari dan pergi ke kampus di malam hari memiliki motivasi bekerja yang berbeda dengan seorang ibu tunggal yang harus memberi makan dua anaknya.

Nah, dengan memahami motivasi karyawan kita, akan memungkinkan kita mampu menyusun sistem pendukung yang akan bermanfaat dan memotivasi setiap karyawan.

3. Dengarkan saran karyawan dan nilai pendapat mereka

Beberapa waktu yang lalu, temanku bercerita soal kesadarannya atas sikapnya selama ini terhadap bawahannya.

"Semua anak buahku mengundurkan diri. Beberapa membuat sebuah alasan karena kecewa, karena selama ini ide kreatif mereka aku buang mentah-mentah. Aku cukup perfeksionis dan memang harus bertobat soal ini! Aku tidak menghargai mereka," katanya.

Kehilangan 4 anak buah sekaligus membuat project dia berantakan, dan saya tidak mau hal ini terjadi pada dirimu sebagai pemimpin.

Memang mudah menemukan karyawan, tetapi tidak begitu mudah mempertahankan dan mengajar mereka.

Nah, supaya karyawanmu merasa dihargai dan dihormati, cobalah untuk membuka diri untuk menerima saran dan pendapat mereka.

Jika memang itu tidak begitu sempurna dan tidak menarik, berikan penilaian kepada mereka sebelum kamu membuat sebuah keputusan.

Tunjukkan bahwa mereka juga bagian dari tim dan yakinkan mereka bahwa kontribusi mereka penting untuk perusahaan.

Semakin mereka merasa bahwa suara mereka didengar, semakin banyak dari mereka akan berkontribusi dengan perusahaan sehingga project bisa dikerjakan dengan baik.

BACA JUGA ARTIKEL INI : Bekerja di Kantor adalah Anugerah! Ayo Gunakan Kesempatan Ini Tuk Jadi Saksi Kristus

4. Perlakukan karyawan seperti manusia

Yap! Ada begitu banyak atasan menjadikan bawahannya seperti robot. Deadline yang begitu banyak dan memaksa mereka bekerja sampai larut malam.

Wah, karyawan juga manusia yang memiliki kehidupan di luar tempat kerja. Mereka punya komunitas, punya anak-anak dan keluarga yang harus mereka urus.

Ibu tunggal atau janda yang kamu pekerjakan tidak selalu memiliki baby sitter.

So, hormatilah dan pahamilah kehidupan karyawan kamu, dengan demikian kamu akan memiliki anak buah atau karyawan yang menghargai pekerjaannya dan produktif.

Itu dia 5 ide yang atasan bisa lakukan biar bisa menikmati hari-hari dengan indah karena melihat karyawan produktif dalam melakukan pekerjaan mereka. Karyawan produktif, atasan tentu senang dan pekerjaan semakin berdampak! Bukan begitu?

Sumber : lifehack/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:00

lol itu apa

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us