Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
971


Meskipun sebagian perempuan Kristen tak terlalu berminat untuk dipersunting oleh seorang pendeta. Tapi ada saja perempuan yang ingin sekali menikah dengan rohaniawan ini.

Jadi istri pendeta memang gak gampang. Karena posisi sang suami sebagai panutan umat dalam hal kerohanian menuntut istri-istri pendeta hidup dengan hormat, ramah, lemah lembut, dan turut terlibat aktif dalam hal kerohanian.

Karena statusnya sebagai istri pendeta, hampir semua orang mengenal dan menaruh hormat. Tak sedikit pula diantaranya yang bersikap baik dan menjaga sikap di depannya. Ini adalah kelebihan yang didapat dari istri pendeta.

Meskipun begitu, hidup jadi istri pendeta di masa sekarang rupanya juga punya duka tersendiri loh. Sebuah survei yang dilakukan oleh LifeWay Research baru-baru ini menemukan kalau ternyata sekitar 1 dari 4 istri pendeta gereja protestan di Amerika Serikat memilih bekerja purna waktu di luar gereja. Sementara sekitar 1 dari 5 istri pendeta memilih bekerja dengan suaminya sebagai pelayan di gereja yang mereka pimpin.

Tantangan hidup pasangan pendeta di jaman ini dipandang jauh berbeda dengan pasangan pendeta yang lebih tua. Seiring dengan perubahan jaman, istri-istri pendeta di masa millennial ini ditemukan jauh lebih frustrasi dibandingkan dengan istri pendeta yang lebih tua, khususnya dalam hal pergaulan dan juga kondisi finansial.

Sekitar 7 dari 10 istri pendeta mengaku frustrasi karena hanya punya sedikit teman. Mereka memandang bahwa posisi mereka sebagai istri pendeta membuat orang lain jaga jarak dan tak punya koneksi emosional yang kuat dengan orang lain.

“Selama beberapa dekade pelayananku, peran wanita yang menikah dengan pendeta, serta wanita pada umumnya berkembang secara radikal,” kata Kay Warren, istri pendeta Rick Warren dalam kata pengantar bukunya yang berjudul ‘Sacred Privilige’.

Kay melanjutkan, peran istri pendeta yang melayani di gereja bersama pasangannya dan istri pendeta yang bekerja di tempat umum terbilang begitu berbeda. Dia menilai aturan lama supaya istri pendeta harus selalu berpakaian sopan tak lagi berlaku di jaman ini. Istri-istri yang lebih muda sudah meninggalkan aturan kuno itu.

Tantangan yang paling sulit yang dihadapi oleh istri pendeta di jaman ini adalah soal sulitnya membangun hubungan, menghadapi konflik di dalam gereja dan bosan dengan sikap yang berpura-pura di depan orang lain.

Saat bertemu dengan jemaat, percakapan terdengar begitu tenang. Sebagai istri pendeta, mereka dipaksa untuk bersikap dengan hormat dan bahkan terkesan menyanjung-nyanjung orang lain. Hal inilah yang membuat mereka merasa gak bisa bersikap apa adanya dengan orang lain, begitu juga orang lain terhadap mereka.

Banyak jemaat yang tidak menyadari fakta bahwa istri pendeta hanyalah orang biasa, yang perlu dianggap sebagai teman. “Ini jelas merupakan tantangan. Dalam peran sebagai pembawa beban, kamu bertanya-tanya apakah ada orang yang bisa menanggung bebanmu,” kata Dorena Williamson, yang merupakan istri pendeta Gereja Strong Tower Bible di Nashville.

Secara keseluruhan, istri pendeta mengaku kehidupan kerohanian di gereja memang berdampak positif bagi keluarga mereka. Dimana mereka semakin bertumbuh dalam kerohanian. Meskipun dipenuhi dengan jadwal pelayanan, banyak dari keluarga pendeta juga akan mengambil waktu istirahat bersama dan menikmati kehidupan seperti orang-orang biasa pada umumnya.

Meski begitu, istri pendeta juga tak jarang mendapat tekanan karena tuntutan jemaat dan membuat mereka terserang kecemasan berlebihan, depresi dan bosan dengan berbagai kegiatan rohani.

Tantangan-tantangan inilah yang tak ingin dialami oleh istri pendeta di masa ini. Karena itu, tak sedikit dari mereka memilih untuk menjalani profesi pilihan mereka di luar gereja. Sementara pasangannya melayani secara full time di gereja. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 3


7233

advertise with us