Inta

Official Writer
1489


Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas 3 fakta tentang Simon Petrus yang merupakan murid pertama Yesus. Di bawah ini merupakan 2 fakta lainnya tentang Simon Petrus yang penting untuk kita ketahui.

4. Petrus berperan penting dalam membangun gereja Tuhan

Kepergian Yesus ke surga tidak lantas membuat diriNya meninggalkan kita. Yesus tetap menyertai dan mengasihi kita melalui Roh Kudus yang ada di sekitar kita. Yesus memberi nama Petrus yang berarti 'Batu'. Dalam dalam Matius 16:18-19 Yesus mengatakan kepada Petrus kalau dirinya telah diberi kunci Kerajaan Sorga, dimana ini merupakan tanda bahwa ia akan dipakai dalam membangun gereja Tuhan.

Bahkan Setelah kebangkitan-Nya, Yesus menyebutkan secara spesifik kalau Petrus merupakan salah satu orang yang harus mendengar Kabar Baik ini (markus 16:7). Kemudian Yesus juga mengulangi mujizatnya dengan tangkapan ikan yang melimpah (Yohanes 21:6).

Yesus mengampuni Petrus dan memberinya kesempatan kedua dengan berkata kepadanya hingga tiga kali untuk menggembalakan domba-domba-Nya (Yohanes  21:15-17). Yesus memakai Petrus secara luar biasa sebagai fondasi gereja.

Kisah Para Rasul mencatat kalau Petrus merupakan orang pertama yang mewartakan Kabar Baik setelah hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:14-47). Petrus juga menjadi orang pertama yang menyasar orang tidak percaya (Kisah Para Rasul 10:1-48).

5. Petrus mati sebagai martir di Roma

Ada banyak sumber yang mengatakan kalau Petrus mati sebagai martir. Ketika dirinya diberikan pilihan tentang bagaimana seharusnya ia mati, ia berkata, "Saya ingin disalibkan dari atas ke bawah karena saya tidak layak untuk mati seperti bagaimana Yesus telah mati." Kitab suci memang tidak mencatat permintaan Petrus ini. Kendati demikian, Yohanes 21:16, 19 menyinggung fakta bahwa Petrus akan meninggal sebagai seorang martir.

Perkataan Yesus dalam Yohanes 21:18, "Aku berkata kepadamu: sesungguhnya ketika engkau masih muda dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki." Yesus mengatakan hal ini untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah.

Perkataan Yesus pada ayat 19, "Ikutlah Aku" membuat sejarah gereja mula-mula menunjukkan kalau kematian Petrus yang  terjadi antara tahun 67 sampai 70 Masehi, bahwa Petrus dipenjara demi Kristus dan dirinya juga mati untuk Kristus.

Ada banyak keteladanan yang bisa kita petik dari kehidupan seorang Petrus. Salah satunya adalah Yesus memakai orang-orang yang jauh dari kata sempurna untuk dipakai dalam pelayanan-Nya. Petrus adalah seorang penjala ikan dari Galilea yang kemudian diminta oleh Yesus untuk menjadi seorang penjala manusia.

Petrus punya hati yang bersedia untuk meninggalkan segalanya demi menjadi pengikut Yesus. Ada banyak orang yang terpukau atas perbuatan Petrus mengingat dirinya menjadi orang yang penuh dengan keberanian dan keyakinan, padahal dirinya tidak mengenyam pendidikan formal layaknya imam-imam besar.

Mungkin kita pernah merasa tidak berharga, ditinggalkan dan sendirian. Namun dari fakta tentang Petrus di atas, kita jadi menyadari kalau Tuhan tidak perlu orang yang ‘Besar’ dalam pekerjaannya. Tuhan membutuhkan orang yang mau bersungguh-sungguh menyerahkan diri kepada Tuhan untuk kemuliaanNya, seperti layaknya Petrus.  

Sumber : beliefnet


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Mitra Banner Maret Week 3