Simpan Uangmu! Tanpa Pakai Produk Skincare Mahal, Yuk Dapatkan Kolagen Dari 5 Makanan Ini
Sumber: https://hips.hearstapps.com/cosmouk.cdnd

Health / 5 July 2018

Kalangan Sendiri

Simpan Uangmu! Tanpa Pakai Produk Skincare Mahal, Yuk Dapatkan Kolagen Dari 5 Makanan Ini

Inta Official Writer
2670

Kolagen belakangan ini menjadi salah satu tren yang banyak ditemukan pada produk-produk kencantikan, mulai dari shampoo sampai produk perawatan kulit. Kolagen merupakan jenis protein berserat dan tak larut yang berfungsi sebagai fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan ligamen untuk memberikannya struktur dan kekuatan. Seperti lem, kolagen melekatkan keseluruhan tubuh sehingga menjadi utuh.

Kalau dalam kecantikan sendiri, mengonsumsi makanan atau menggunakan produk dengan kandungan kolagen bisa membuat kulit menjadi semakin sehat, mulus serta nampak mudah. yuk simak 7 makanan yang bisa membuat jumlah kolagen dalam tubuh kita makin kaya.

1. Wortel

Seperti yang kita ketahui, wortel kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A dapat membantu peningkatan produksi kolagen serta mencegah kerusakan protein kolagen dan elastin yang membuat kulit cepat menua.

Cara kerjanya adalah dengan cara menebalkan dan menstimulasi lapisan dermis pada kulit yang di dalamnya terdapat kolagen, elastin dan pembuluh darah. Kandungan vitamin A yang melimpah dari wortel juga berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak melanin pada kulit sekaligus mengurangi produksi minyak yang berlebihan.

2. Alpukat

Kandungan vitamin E dalam alpukat dapat menangkal radikal bebas. Omega 3 yang ada dalam alpukat juga dapat mencegak terjadinya kerusakan kolagen pada kulit. Kebaikan yang ada dalam alpukat ini bisa kita nikmati dengan cara dikonsumsi atau dijadikan masker. Manfaat lain alpukat bagi kulit adalah menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus mengembalikan kelembaban kulit.

3. Citrus

Buah-buahan yang mengandung vitamin C melimpah seperti jeruk, lemon maupun jeruk nipis sangat baik untuk menetralkan radikal bebas yang merusak kolagen. Kandungan vitamin C dapat mengubah asam amino lisin dan prolin menjadi kolagen.

4. Kacang-kacangan

Banyak orang menganggap kalau mengonsumsi terlalu kacang-kacangan berisiko membuat kulit berjerawat. Padahal, kacang-kacangan dapat meningkatkan kelembaban kulit dan menjaga kulit agar tetap halus dengan meningkatkan protein kolagen dalam jaringan kulit. Mengonsumsi dua sendok makan kacang-kacangan setiap hariny dipercaya dapat mencegah penuaan dini.

5. Ikan

Ikan mengandung asam omega-3 yang melindungi selaput lemak yang mengelilingi sel kulit. Selaput tersbeut mempertahankan struktur kulit agar tetap kencang. Ikan dengan kandungan omega cukup tinggi adalah salmon dan tuna. Omega 3 juga berfungsi untuk mencegah kerusakan kolagen akibat dari radikal bebas dan polusi.

Sebagai zat yang mudah dipecah oleh tubuh, manfaat kolagen lainnya adalah meningkatkan sirkulasi darah, menyembuhkan luka dan cedera dengan segera, mengurangi selulit sekaligus meningkatkan kesehatan rambut. Untuk mendukung peningkatan produksi kolagen, penting bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami