Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
270


Setiap kita dipenuhi rasa keingintahuan yang tinggi. Ada banyak cara yang kita lakukan untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut. Mulai dari diskusi, argumentasi, filosofi, ilmu pengetahuan, bahkan seni. Sebuah hubungan yang baik akan terjalin saat satu sama lain merasa saling 'nyambung'.

Nggak heran saat berada pemikiran yang bertentangan dengan lawan bicara, kita memasuki sebuah permainan persuasi, dimana kita akan mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan cara pandang yang kita miliki.

Teknik persuasi ini bisa memenangkan kita pada setiap percakapan, bahkan menjadikan kita sebagai seorang teman bicara ulung. Lewat buku yag berjudul Retorik, Aristoteles memperkenalkan kita pada 3 cara persuasif yang biasa orang banyak lakukan untuk mempengaruhi orang lain.

1. Ethos, persuasi melalui karakter seseorang


Orang dengan kredibilitas atau karakter yang terpercaya akan jauh lebih mudah mempengaruhi orang lain. Ada tiga kualitas yang harus dimiliki oleh seseorang agar bisa disebut sebagai orang yang bisa dipercaya.

a) Pikiran praktis

Sebuah pemikiran rasional dan beralasan dapat membuat seseorang percaya atas sudut pandang orang tersebut. Orang dengan tipe ini biasanya akan jauh lebih tenang dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

b)  Moral yang baik

Kita akan menyebut seseorang punya moral yang baik saat kita menginginkan orang tersebut melakukan segala hal yang benar walaupun tidak ada satu orangpun yang menyadarinya.

c)  Niat baik

Setiap niat atau keinginan yang baik akan menarik orang-orang baik untuk berada disekelilingnya. Biasanya niat baik akan diiringi dengan sebuah ketulusan, perasaan yang kuat inilah yang akan membuat orang lain jauh lebih percaya pada orang dengan tipe jenis ini.

2.  Pathos, persuasi melalui emosi


Perasaan seseorang sedikit banyak mempengaruhi kemampuannya untuk beradaptasi dengan orang lain. Untuk memenangkan setiap percakapan, kita harus mengetahui bagaimana cara melibatkan emosi dan menangani seseorang dengan emosi tersebut.

Manusia adalah makhluk emosional. Terkadang kita merasa kalau emosi tersebut layak untuk dibenarkan, contohnya perasaan marah atau ketakutan menjadi salah satu cara untuk menanggapi seseorang.

Seseorang akan jauh lebih nyaman saat melakukan percakapan dengan tingkat emosional yang sama. Misalnya, ketika kita mendapati teman kita sedih, maka menunjukan sedikit empati akan membuatnya merasa jauh lebih baik.

Baca juga: Lagi Down Dan Kehilangan Arah? Move On Lewat Teknik TUMBUH, Yuk!

3.  Logos, persuasi melalui logika


Metode ini berkaitan dengan menggunakan argumen-argumen yang bersifat logis. Cara untuk memenangkan percakapan dengan metode ini adalah dengan menguasai pengetahuan dan kemampuan memberikan gambaran yang luas dan terperinci secara rasional melalui banyak berbagai referensi. Kita harus bisa mengarahkan pemikiran orang lain pada suatu keadaan yang rasional dan benar adanya.

Tiga prinsip yang bisa kita gunakan, yaitu:

  1. Pertanyaan yang mudah dimengerti
  2. Memberikan penjelasan yang lebih mudah diterima dan logis
  3. Memberikan contoh nyata

Pola komunikasi atau yang dirujuk dengan istilah retorika dapat membuat kita memenangkan sebuah percakapan, sehingga kita menjadi teman bicara yang jauh lebih baik lagi. Dengan mengetahui cara memanfaatkan karakter, emosi, dan logika, kita dapat membawa sebuah perubahan yang sesuai dengan keinginan kita saat berkomunikasi dengan orang lain.

Sumber : freedomofthought

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 19 July 2018 - 23:17:38

Cara melunasi hutang

0 Answer

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us