Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

teresajade

Contributor
273


Bagi kalian yang baru saja tamat SMA, pasti kalian sedang menimbang – menimbang pilihan jurusan ataupun universitas yang akan dituju. Jika kalian memilih untuk kuliah di luar kota atau bahkan ke luar negeri, maka akan tersedia banyak pilihan universitas negeri dan swasta. Atau kamu saat ini baru saja memasuki bangku kuliah dan merasakan jauh dari orangtua tercinta?

Dengan berkuliah ke luar kota atau negeri, maka kalian akan menyandang gelar “Mahasiswa Rantau”. Tentu, ada suka dan duka menjadi mahasiswa rantau. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa rantau maka persiapannya pun akan lebih banyak. Nah, Berikut adalah yang harus diperhatikan:

1  Memilih tempat kost atau kontrakan yang nyaman

Ini penting banget buat kalian, gan! Jangan sampai salah memilih tempat kost yang lingkungan tidak nyaman yang justru nantinya menyusahkan kalian. Pastikan, lokasi kost kalian dekat dengan kampus kalian dan banyak tempat makan. Dengan tempat kost yang strategis, maka kalian mudah untuk memenuhi kebutuhan kalian.

2  Siapin mental dan perkuat iman

Hidup sendiri memanglah tidak gampang. Oleh karena itu, dibutuhkan mental dan iman yang kuat agar kalian tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan. Kalian harus terbiasa menyelesaikan masalah sendiri. Kalo mental kalian gampang goyah, maka kalian akan susah untuk bisa keluar dari zona nyaman kalian dan survive. Kalian harus lebih selektif memilih teman sehingga kalian tidak terjerumus ke hal – hal yang tidak baik. Lebih aman, kalian berteman dengan cara masuk organisasi sekolah atau di perkumpulan doa kampus.

3  Belajar untuk hemat dan menabung

Sebagai anak yang merantau, kalian pasti dikasih uang secara bulanan oleh orang tua untuk kebutuhan sehari-hari. Karena semuanya sendiri, kalian juga harus menyisihkan uang untuk beli makanan dan laundry. Jangan terlalu boros di awal dan tersiksa di akhir. Catat apa aja kebutuhanmu dan beli barang-barang yang memang kamu perlu. Kalau bisa, kurangin nongkrong di café atau makan di mall.

4   Mantapkan tujuan dan goal kalian

Ini nih yang rasa kalian pegang dan selalu menjadi mindset kalian selama kuliah merantau. Dengan begitu, kalian tetap bisa semangat kuliah dan belajar dengan rajin walaupun orang tua kalian tidak ada dekat dengan kalian. Dengan adanya mindeset, maka kalian tidak akan goyah dan tidak rewelan.

5   Siapkan pemikiran yang terbuka

Karena kalian tinggal di lingkungan baru, maka kalian pasti akan ketemu dengan banyak hal baru dan orang – orang yang berbeda. Akan sangat disayangkan jika kalian menutup diri dari lingkungan kalian. Justru untuk kalian yang berkesempatan untuk kuliah di luar kota, manfaatin hal ini supaya pemikiran kalian jauh lebih open karena kalian bakalan dapet banyak tantangan yang harus kalian lewati.

6   Pelajarin bahasa daerahnya

Mungkin terdengar tidak penting, padahal ini mejadi salah satu hal yang cukup fundamental jika kalian merantau. Buat kalian yang nggak terbiasa dengan bahasa daerah, ada baiknya mulai belajar sedikit bahasa sehari-hari dari daerah yang kalian tuju supaya kalian lebih mudah berkomunikasi disana.

7   Jagalah kesehatan

Kesehatan sangatlah penting apalagi, kalian adalah mahasiswa merantau. Jangan sampai kalian sakit sehingga nantinya jadi tidak fokus belajar dan ketinggalan materi. Ingat, kalian sedang tidak dekat dengan orang tua kalian, sehingga kalau kalian sakit nantinya akan merepotkan diri kalian sendiri.

Setiap orang ingin kuliah untuk megejar cita – citanya. Namun, ada juga orang yang tidak beruntung sehingga tidak bisa kuliah. Bagi kalian yang berkesempatan untuk kuliah, jangan sia - siakan kesempatan yang ada. Kuliah lah dengan benar sehingga pada akhirnya kalian akan sukses dalam hidup dan orang tua pun bangga dengan kalian. Jadi, siapkah kalian untuk menjadi mahasiswa merantau?


Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, kamu juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapatmu tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gerejamu dengan menguploadnya langsung melalui UGC di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.

Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us