Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
464


Harusnya boleh nggak sih orang Kristen itu pergi berkencan ? Kalau gitu, gimana kencan yang seharusnya? Terus apa kata Alkitab soal berkencan?

Berkencan adalah praktik modern yang bukan bagian dari struktur budaya zaman Yesus atau Raja Daud ataupun Rasul Paulus.

Alkitab nggak pernah menuliskan soal gimana itu  berkencan secara rinci.

Di zaman budaya Timur kuno, interaksi sosial antara pria dan wanita muda yang belum menikah sangatlah terbatas, itu sebabnya interaksi sebelum menikah itu sangat jarang namun lebih dominan ke pernikahan langsung.

Meskipun Alkitab nggak menuliskan cara-cara eksplisit tentang gimana itu berkencan, namun Alkitab banyak bicara mengenai integritas, menghormati orang lain, moralitas seksual dan sejumlah besar hubungan interpersonal termasuk pernikahan. Jadi bagi kamu orang Kristen yang ingin tahu gimana itu berkencan yang benar dan apakah kencan itu boleh atau nggak, beberapa prinsip ini harus kita pahami dengan baik.

Apa itu Berkencan?

Secara umum berkencan bisa kita artikan dengan tindakan dimana seseorang menghabiskan waktu dengan lawan jenisnya dengan maksud untuk membentuk kemitraan romantis.

Coba tanya dirimu sendiri, apa tujuanmu membawa seorang gadis keluar dan makan es krim bersama?

Setelah kita memahami apa itu arti berkencan, lalu apakah orang Kristen harus berkencan?

Dikutip dari ExploreGod, bahwa beberapa buku-buku yang baru ditulis oleh kaum injili muda telah mengecilkan praktik berpacaran bagi orang Kristen. Beberapa mendukung bahwa orang Kristen harus berkencan. Sebenarnya gimana sih, apakah orang Kristen berkencan atau nggak?

Jika kita berharap untuk menikah, berpacaran mungkin menjadi cara yang wajar agar bisa mengenali seseorang apa dia pantas dinikahi atau nggak. Karena tujuan pacaran adalah menikah, maka sebagian dari kita mengajaknya untuk berkencan untuk mengenal dan bicara banyak dengannya. Lalu pertanyaannya, sebagai pengikut Kristus, gimana seharusnya berkencan yang baik?

Bagaimana orang Kristen harus berkencan?

Orang Kristen harus berkencan ketika mereka harus hidup dengan mengikuti teladan Kristus. Penulis Gary Thomas menulis bahwa Yesus "teladan kita, bahwa ikatan pertemanan tertinggi adalah disiplin secara pribadi."

Dengan kata lain, meskipun Yesus memiliki hubungan dengan orang lain yaitu kita, Dia tetap tunduk kepada rencana Allah untuk melakukan yang terbaik bagi hubunganNya dengan manusia, bukan untuk dirinya sendiri saja dan berdasarkan keinginanNya

Demikian juga dengan kita, jikapun kita berkencan dengan seseorang , berarti kita harus tetap taat kepada rencana Allah dan perintahNya. Melakukan yang terbaik, bangun hubungan dengan baik karena perintah dan keinginan Bapa, bukan semata-mata keinginan kita saja.

Seromantis apapun kencan malam kamu dengan si dia di sebuah cafe, seseru apapun pertemuan kamu dengan dia pas makan siang, yang pasti kita tetap harus mengikuti teladan Kristus, supaya kita nggak jatuh ke dalam dosa.

Ini dia beberapa hal yang perlu kita lakukan dan ingat saat berkencan dengan lawan jenis:

1. Perlakukan dengan hormat

Orang Kristen haruslah berkencan dengan saling menghormati satu sama lain. Jika kamu seorang pria menghormati wanita yang kamu kencani, maka kamu harus mengejarnya, merencanakan waktu bersama, mempertimbangkan perasaan suka atau nggak, mendengarkannya, dan melihatnya sebagai sesama anak Tuhan.  Jika kamu wanita, mari hormati dia, tanggapi pengejarannya, dengarkan, pertimbangkan suka atau nggak dan berhubungan dengan jujur dengannya.

2. Saling jujur

Hubungan yang dibangun atas dasar ketidakjujuran nggak akan pernah bertahan lama. Nggak mungkin kamu mencintai orang yang nggak kamu kenal. Kalau kamu nggak jujur dengan pasangan kencan kamu, itu artinya kamu berkencan dengan perasaan tidak sepenuhnya suka.

Hal yang sama juga berlaku, jika pasangan nggak jujur pada kamu, maka satu-satunya acara untuk mengenal dan dikenal oleh orang lain adalah berkomunikasi, dan jujurlah padanya, tulus dan rendah hati.

Intinya adalah, orang Kristen harus berbicara kebenaran dalam hal cinta dan perasaan dalam hubungan berpacaran seperti hubungan pada umumnya.

BACA JUGA ARTIKEL INI Single Dikelilingi Musuh? Ayo Berbeda dan Cintai Mereka. Ini Alasannya

3. Jangan pernah melakukan seks

Berkencan bukan berarti kamu melakukan seks. Seks bukan diperuntukkan bagi kamu yang single dan masih pacaran. Seks hanya diperuntukkan bagi kamu yang sudah menikah karena itu adalah bentuk komitmen pernikahan seumur hidup. Allah merancang seks untuk menyenangkan dan memuaskan dan juga dirancang dengan penuh makna secara emosional dan rohani untuk memperkuat hubungan pernikahan yang abadi.

Nah gimana? Membaca tulisan ini, apakah kamu sudah paham sekarang soal berkencan? Apakah kamu diberkati? Jika iya, ayo bagikan kepada teman-temanmu yang lain.

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us