Suksesnya Start Up Di Asia Nggak Jauh-Jauh Dari Kebiasaan Menulis, Lho. Ini 3 Rahasianya!
Sumber: https://www.contrib.andrew.cmu.edu/~phuo

Finance / 2 July 2018

Kalangan Sendiri

Suksesnya Start Up Di Asia Nggak Jauh-Jauh Dari Kebiasaan Menulis, Lho. Ini 3 Rahasianya!

Inta Official Writer
1987

Kalau diartikan secara langsung, start up berarti sebuah bisnis yang baru dirintis. Namun kalau kita lihat-lihat lagi, bisnis start up sering dikaitkan dengan bisnis yang berbau teknologi, web atau internet. Di Asia Tenggara, bisnis dalam ranah ini tergolong berkembang sangat pesat.

Kebanyakan bisnis yang sangat kekinian ini sukses karena satu kebiasaan: menulis. Disadur dari Inc Southeast Asia, kebiasaan orang-orang Asia Tenggara dalam menuangkan secara tulisan pada setiap rencana menjadi salah satu kunci sukses bagi start up di Asia Tenggara.

1. Perencanaan yang tertulis menjadi bentuk dokumentasi bisnis

Untuk memulai perjalanan usahanya, sangat penting bagi setiap pendiri untuk mulai menulis setiap proses dan protokol yang digunakan sejak awal berdirinya usaha. Cara ini bisa membuat kita menyimpan banyak waktu dan sumber daya di masa yang akan datang, belum lagi membuat perusahaan kita tetap berada pada jalur yang tepat.

Thomas Goetz, CEO sekaligus co-founder sebuah start up di bidang kesehatan mengatakan kalau mendokumentasikan setiap perjalanan perusahaan membantunya dalam mengambil langkah yang akan di ambil kedepannya. Terutama bagi para pemula dalam membangun sebuah struktur perusahaan dan menciptakan sebuah gambaran besar tentang perusahaan yang ingin kita jalani.

2. Sebagai blueprint dalam perkembangan usaha

Lantas, apa yang harus kita dokumentasikan? Thomas menjelaskan kalau dokumentasi tentang prinsip-prinsip dan strategi perusahaan yang tercatat dengan baik adalah sebuah cetak biru atau blueprint bagi pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang.

Atau bagi sebagian bisnis yang bertumbuh dengan cepat, blueprint ini berperan sebagai komunikasi agar mencegah kita terseret dalam sesuatu hal yang tidak kita ketahui. Beberapa pencatatan yang penting kita dokumentasikan adalah:

  1. Pengembangan produk
  2. Bahan panduan dalam menjalankan fungsi setiap bagian
  3. Pencatatan sumber daya manusia
  4. Customer support seperti FAQ

Sebuah dokumentasi yang tertata dengan rapi dapat membuat perusahaan menjalankan proses dan protokol dengan benar.

"Dokumentasi yang baik dapat membuat setiap proses menjadi jauh lebih efisien dan efektif, seperti misalnya pada saat ada masa transisi pekerjaan yang dilakukan saat ada karyawan baru," ungkap Erik Cheong, sebagai pendiri dari E-commerce Park N Parcel.

Baca juga: Indonesia Urutan 60 Dalam Minat Baca! Malu Nggak? Kata Sains, Inilah 4 Manfaat Baca Buku

3. Alat yang tepat dapat mengantarkan kita pada dokumentasi yang baik

Untuk mempermudah dokumentasi, ada banyak alat yang bisa kita gunakan. Misalnya cara Luis Buenaventura sebagai pendiri perusahaan Manila-based bitcoin yang memilih menyimpan setiap dokumentasi pada folder Google Drive atau Asana.

Sementara Erik memilih Powerpoint sebagai sarana dokumentasinya, sebab cara ini membuatnya jauh lebih mudah dalam menambahkan gambar atau grafik, serta menambahkan komentar atau intruksi tertentu.

Kebiasaan menulis rencana seperti yang diaplikasikan pada perusahaan start up bisa juga kita contoh dalam kehidupan sehari-hari, lho. Misalnya, kita mulai menulis jurnal pribadi tentang mimpi dan keinginan yang mau kita tempuh. Dokumentasi lewat jurnal yang telah tersebut bisa kita pakai sebagai bahan perencanaan sekaligus evaluasi dalam meraih kesuksesan. 

Sumber : inc
Halaman :
1

Ikuti Kami