Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1349


Biaya sekolah, apalagi di jaman ini, gak murah! Biaya bulanan, buku, dan biaya ekstra lainnya semuanya serba mahal.

Pertimbangan ini yang mungkin menghentikan langkah sebagian anak muda kita melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Kondisi ekonomi yang pas-pasan, memaksa mereka untuk menunda kuliah. “Yah, kerja aja dulu. Nabung. Ntar kalau duitnya udah cukup, baru lanjut kuliah.” Begitu alasan dari sebagian mereka.

Tapi ada kabar baik buat kalian hari ini. Mungkin kondisi ekonomi memang kendala yang paling besar kalian hadapi. Tapi yakinlah setelah tahu cara kuliah gratis ini, kalian pasti bakal semangat lagi.

Nah, buat kalian yang pengen kuliah tapi kendala biaya, coba saja 7 jalur gratis kuliah ini. Siapa tahu emang jalannya kamu kuliah bisa lewat salah satunya.

1. Daftarkan Diri Jadi Sukarelawan Atau Pekerja di Lembaga Pemerintahan

Jadi angkatan udara, guru di pedalaman, pegawai honorer, atau sukarelawan di lembaga pemerintahan bisa membantumu untuk mendapat peluang sekolah lanjutan.

Dedikasikanlah dirimu untuk tugas-tugas mulia kenegaraan, sesuai dengan kemampuan yang bisa kamu berikan. Biasanya lembaga-lembaga pemerintahan menawarkan sekolah gratis bagi staf kepegawaian untuk menunjang skill dan kualitas pegawainya. Jadi, cobalah lewat jalur ini.

2. Bekerja di Sebuah Lembaga Pendidikan

Dimana-mana biaya kuliah memang relatif mahal. Tapi kalau kamu mau, kamu bisa kuliah dengan harga yang relatif murah dan bahkan gratis loh! Caranya? Cobalah mencari peruntungan dengan bekerja di salah satu lembaga pendidikan. Mungkin kamu bisa jadi staf di kantor atau apapun posisi yang bisa kamu ambil di sana.

Carilah informasi soal kuliah gratis dari bagian dalam. Biasanya lembaga pendidikan menawarkan setidaknya sejumlah bantuan biaya kulaih untuk para staf yang bekerja di sana.

3. Kerja di Perusahaan yang Menawarkan Sekolah Gratis

Cobalah cari pekerjaan yang memberikan kamu keuntungan pendidikan. Misalnya, kalau bekerja di bilang klinik medis. Biasanya pekerjaan ini membutuhkan skill bagi pekerjanya yang harus diperoleh lewat pendidikan formal. Nah, cari tahu pekerjaan apa saja yang menawarkan kamu pendidikan gratis.

4. Ajukan Permohonan Finansial Aid

Financial aid adalah sebuah jenis bantuan keuangan yang diberikan langsung oleh perguruan tinggi tertentu kepada mahasiswanya. Lewat bantuan dana ini, kamu bisa saja mencoba peruntungan menggali ilmu di kampus idamanmu. Kamu bisa mencari tahu kampus-kampus mana saja yang mendapat suntingan dana Financial Aid.

Mereka yang mendapat tunjangan pendidikan ini menawarkanmu biaya pendidikan gratis. Untuk informasi lebih jauh kamu bisa menemukannya di Edutopia.org.

5. Ajukan Beasiswa

Ada juga beasiswa yang tersedia di banyak perguruan tinggi, yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan besar atau lembaga tertentu sebagai bantuan untuk menunjang pendidikan anak negeri. Selain itu, banyak juga beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah kita yang bisa kamu coba, misalnya yang paling diminati adalah beasiwa LPDP yang disediakan oleh Kementerian Keuangan.

6. Cari Tahu Soal Perguruan Tinggi Bebas Biaya

Beda dengan beasiswa, kamu juga bisa cari tahu soal perguruan tinggi tertentu yang menawarkan biaya pendidikan gratis bagi mahasiswanya. Tapi biasanya biaya pendidikan gratis ini tak mencakup semua jurusan. Dalam artian, kampus mungkin hanya menawarkan biaya kuliah gratis untuk jurusan tertentu. Jadi, cobalah cari tahu informasinya.

7. Lakukan Penggalangan Dana

Bagi anak yang berasal dari keluarga kurang mampu namun dalam pendidikan dia ternyata berprestasi. Sangat memungkinkan untuk melakukan penggalangan dana untuk mengumpulkan biaya kuliah. Di jaman yang serba teknologi ini, kamu bisa melakukannya dengan cara yang sangat mudah. Kalau kamu memang adalah anak yang berprestasi dan harus terhambat melanjutkan pendidikan hanya gara-gara biaya, cobalah meminta bantuan dari masyarakat. Penggalangan dana bisa kamu lakukan lewat sosial media atau situs pengumpul donasi seperti di Indonesia ada Kitabisa.org.

Tapi tentunya kamu harus mampu meyakinkan para pendonasi kalau kamu layak dibantu lewat prestasi yang bisa kamu tunjukkan.

Nah, sebagian dari kalian mungkin baru lulusan SMA dan mau melanjut kuliah. Cara ini bisa kamu coba dan semoga berhasil ya.

Sumber : Christianpf.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us