Bulan Keluarga GBI, Fokus dan Utamakan Kehidupan Anak

Bulan Keluarga GBI, Fokus dan Utamakan Kehidupan Anak

daniel.tanamal Official Writer
1436

Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) adakan seminar "Peran Gereja dalam Perlindungan Anak terhadap Kekerasan" dalam puncak perayaan Bulan Keluarga pada tahun 2018 ini. Hadir narasumber Dr Siti Hikmawatty dari Komnas Perlindungan Anak, dan Dwidjo Saputro, selaku Ketua I Bidang Pembinaan Keluarga BPH GBI yang mengetengahkan peran kuat Gereja terhadap perlindungan anak dari kekerasan.

Beberapa masalah yang diteropong didalam keluarga selain perceraian, adalah juga tingkat kekerasan dalam rumah tangga terhadap anak yang mengalami peningkatan. Salahsatunya disebutkan Dwidjo bahwa lingkungan yang tidak aman akan memberikan pengaruh terhadap otak meskipun masih dalam bentuk janin dan sesudah lahir.

Selain itu disebutkan pula bahwa secara statistik angka kejahatan dari tahun ke tahun terus meningkat, demikian juga kekerasan anak. Dalam data itu disebutkan pula bahwa anak remaja mengalami depresi ada sekitar 12-14 persen.

Selain itu dalam acara ini juga, dilakukan pelantikan dan doa oleh Ketua Umum BPH GBI untuk Tim Satgas “Mekar”. Tim Satgas MEKAR yang berarti Melindungi Keluarga, Anak dan Remaja, ini bertujuan untuk membantu keluarga, anak dan remaja untuk melakukan identifikasi masalah dan memberikan alternatif pemecahan masalah pada waktu situasi kritis.

Rencananya, Tim Mekar akan ada di BPD-BPD GBI dan gereja-gereja lokal GBI, peluncuran buku Panduan Pendampingan Bencana (Krisis) Keluarga, Anak dan Remaja.



Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami