Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
361


Mungkin gak banyak yang kenal dengan sosok ini. Tapi tahukah kamu, pria bernama Jimmy Wales ini adalah sosok penting di balik kesuksesan situs ensiklopedia online Wikipedia, yang kerap kita pakai untuk mencari tahu informasi akurat tentang seseorang atau sesuatu.

Berperan sebagai founder Wikipedia, Wales telah banyak berkontribusi dalam pengembangan website non-profit yang sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat dunia ini.

Namun Wales sepertinya belum merasa puas dengan pencapaiannya lewat Wikipedia. Dalam sebuah kesempatan wawancara, dirinya bahkan mengaku bukanlah sosok miliarder, laiknya seperti para pengusaha media lainnya. Dia menilai bahwa berbicara soal kekayaan orang lain adalah hal bodoh yang gak harus diperbincangkan.

Baca Juga : Sukai Ensiklopedia Sejak Kecil, Jimmy Wales Dirikan Wikipedia

Tak dipungkiri bahwa Wales adalah sosok penting di dunia online. Dia bahkan banyak mendapat tawaran posisi dari perusahaan-perusahaan besar dunia. Tapi sebagian besar diantaranya ditolak mentah-mentah karena dianggap tak bersesuaian visi dengannya.

Itu sebabnya dia lebih menikmati bidang pekerjaan yang memiliki visi yang sama dengan Wikipedia, yang memiliki tujuan positif dengan mendapatkan sejumlah besar uang untuk tujuan yang baik.

Visi besar inilah yang akhirnya mendorong Wales mendirikan situs website yang fokus untuk melawan berita-berita hoaks (palsu). Situs ini sendiri resmi dirilis pada April 2017 silam dan diberi nama Wikitribune. Di sinilah, Wales akan menghimpun sejumlah jurnalis profesional dan komunitas pembaca yang tertarik untuk memproduksi dan menerbitkan berita dalam berbagai isu seperti politik, ilmu pengetahuan dan teknologi. Sementara untuk pembiayaannya hampir mirip dengan Wikipedia, yaitu dengan mengumpulkan dana lewat kampanye penggalangan dana.

“Pada dasarnya situs ini akan didedikasikan untuk memberitakan fakta. Wikitribune adalah berita yang dibuat oleh orang-orang dan untuk orang-orang,” ucapnya.

Wales mengaku, pembuatan situs ini memakan waktu yang cukup lama. Namun dia mulai mantap untuk membangun situs ini sejak isu besar yang menimpa Brexit dan juga Donald Trump sekitar tahun 2016 silam. “Ada perasaan yang salah. Kualitas media menurun di banyak bidang, tak semua bidang, dan ada keinginan nyata oleh publik untuk sesuatu yang lebih serius dan lebih bisa diandalkan,” terangnya.

Awalnya, Wales berencana mempekerjakan sekitar 10 wartawan profesional saja dan beberapa anggota komunitas yang bisa membantu dalam hal pengeditan artikel. Setiap berita yang akan diterbitkan harus melewati meja editor yang kemudian berperan untuk memeriksa keakuratan data dan isi berita.

Meski begitu, Wales mengaku bahwa sistem pendanaan Wikitribune yang bersifat donasi sedikit sulit membuat situs ini bisa menjangkau banyak orang. Sementara para kritikus media berpendapat bahwa algorime Facebook melakukan banyak hal untuk mendorong kebiasaan media yang buruk sebagai model pendanaan khusus situs website. Namun Wales mengatakan bahwa dirinya yakin bahwa kualitas konten Wikitribune cukup bagus karena itu tak perlu mengoptimalkannya ke sosial media.

“Satu hal yang bisa dilakukan adalah (menyebarkannya) dari mulut ke mulut sangat kuat. Orang-orang membicarakan hal ini. Wikipedia tak pernah membayar sepeser pun untuk iklan, tapi tetap jadi salah satu situs paling populer di dunia,” akunya.

Pendirian Wikitribune jelas didasarkan oleh tujuan mulia yaitu untuk melawan penyebaran berita-berita hoaks dan tak terpercaya. Karena itu, dia berharap situs ini bisa berdampak positif dan berkembang lebih cepat sehingga mereka bisa jadi situs terpercaya. Dan ke depannya, Wales berharap bisa menghadirkan berita dalam berbagai bahasa.

Visi besar yang digerakkan oleh tujuan baik, mulia dan demi kepentingan orang lain biasanya akan diberkati Tuhan. Wales adalah salah satu sosok yang mendapat visi mulai ini dalam hidupnya. Sekalipun dirinya punya kapasitas dan kemampuan untuk menjadi pengusaha sukses. Tapi dia lebih memilih untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat dan menolong orang lain.

Apakah kamu juga punya visi dan pemikiran yang sama dengan Jimmy Wales?

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

advertise with us