Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
666


Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2013, orang yang terjangkit penyakit ini mencapai 0,14 persen atau 347,792 orang dari jumlah total populasi penduduk.

World Health Organization (WHO) bahkan memprediksikan jumlah penderita kanker di Indonesia akan meningkat tujuh kali lipat pada tahun 2030 mendatang. Penyakit mematikan ini bisa dipicu oleh beragam alasan, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Di bawah ini adalah empat kebiasaan yang sering kita anggap sepele tapi ternyata bisa menjadi pemicu penyakit kanker.

1. Meletakkan handphone di dekat kepala saat tidur


Rasanya sulit di era digital ini mendapati orang yang bisa lepas dari handphome. Banyak orang yang sudah ketergantungan dengan benda ini, sampai-sampai tidur pun harus diletakkan dekat dengannya. Dilansir dari Hellosehat, sekitar ada 63% orang cenderung meletakkan handphonenya dekat dengan tempat tidur, bahkan di bawah bantal dengan alasan agar bunyi alarm terdengar jelas.

Padahal handphone punya radiasi elektromagnetik yang bisa mempengaruhi kualitas tidur kita. CNN menuliskan kalau beberapa ilmuwan dan instansi kesehatan menyakini kalau kebiasaan ini bisa bawa pengaruh buruk pada kondisi kesehatan bahkan hingga risiko kanker otak.

2. Duduk terlalu lama


Sebagian orang punya pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan rajin olahraga dapat menurunkan risiko timbul penyakit kanker. Para ahli menyarankan kita melakukan aktivitas fisik setidaknya setiap 30 menit sehari.

Orang yang malas, atau jarang melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kanker. Aktivitas fisik dapat membantu menyeimbangkan hormon, sekaligus membuat tubuh menjadi jauh lebih bugar dan kuat.

3. Laundry pakaian


Kesibukan sehari-hari sering bikin kita tidak punya waktu cukup buat mencuci pakaian. Jasa laundry adalah salah satu alternatif saat kita malas mencuci pakaian. Enviromental Working Group mengungkapkan kalau kebiasaan mencuci di laundry ini bisa memicu kanker karena sabun yang digunakannya.

Masalah timbul bukan pada cara pencuciannya, melainkan zat kimia yang sering dipakai untuk digunakan sabun oleh pihak laundry, yaitu 1,4 dioxane. Jadi, pastikan untuk memastikan kalau sabun yang digunakan aman untuk penggunaan sehari-hari sebelum menentukan tempat laundry, ya.

Baca juga: Dianggap Jadi Penyakit Gangguan Mental, Inilah Klarifikasi WHO Terhadap Para Pecandu Game

4. Mengonsumsi minuman dari botol plastik


Paling tidak, kita dianjurkan untuk meminum 2 liter air putih. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kebanyakan orang memilih untuk membeli minuman dalam botol agar lebih praktis dan bisa dibawa kapan pun. Kalau disimpan dengan benar dan tidak digunakan terus menerus, air putih dalam botol aman untuk dikonsumsi.

Yang menjadi masalah adalah ketika botol plastik tersebut terkena panas baik dari mesin mobil atau matahari dapat membuat air terkontaminasi zat kimia yang bisa memicu kanker. Selain minuman, ada baiknya kita juga tidak menyimpan makanan dalam bungkus plastik. Pindahkan makanan maupun minuman pada wadah makanan yang memang dianjurkan sebagai tempat menyimpan makanan yang aman.

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu cara kita menghargai bait suci Tuhan. Mulai sekarang, ayo biasakan untuk hidup sehat dengan banyak melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan yang sehat. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us