Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
665


Saat kita duduk di bangku SD, kita diajarkan bahwa “terang adalah lawan dari kata gelap”.

Ketika kita mendengar bahwa “terang adalah lawan gelap”, maka seringkali yang terbayang adalah terang dan gelap mempunyai kekuatan yang sama dan saling beradu satu sama lain. Padahal, kalau dipikir-pikir , terang tidak berlawanan dengan gelap. Justru terang lebih kuat daripada gelap!

Senter yang terang digunakan untuk menerangi ruangan yang gelap, dan tentu nggak ada senter gelap menggelapi yang terang bukan? Atau ada diantara kamu yang pernah tahu bahwa ada senter gelap yang menggelapi terang?  I don’t think so!

Jadi sudah jeals, ketika ada terang, gelap otomatis menyingkir. Gelap adalah ketiadaan terang, Jadi terang lebih kuat dari gelap.

Ada sebuah ilustrasi yang menggambarkan hal ini dengan cukup baik. Ilustrasi tersebut adalah ilustrasi tentang goa dan matahari.

Goa tinggal di dalam dasar bumi yang gelap. Suatu hari goa mendapat undangan dari matahari untuk berkeliling di permukaan bumi melihat terang (jangan tanya gimana cara ngirim undangannya, mungkin pakai MENTARI dengan sinyal yang kuat). Goa sangat antusias karena dia belum pernah melihat terang. Dia ingin tahu terang itu seperti apa, maka goa pun menyambut undangan matahari dan naik ke permukaan bumi. Dia lalu diajak oleh matahari mengelilingi bumi. Goa sangat takjub dengan terang yang ditunjukkan matahari. Lalu, setelah perjalanan tersebut, kembalilah goa ke dalam dasar bumi yang gelap.

Goa lalu merasa berhutang budi dengan matahari. Dia lalu mengirim undangan pada matahari (sekali lagi jangan tanya gimana caranya) untuk datang ke dasar bumi untuk melihat kegelapan. Matahari yang menerima undangan tersebut juga sangat antusias dan penasaran seperti apa gelap itu. Dia lalu datang ke dasar bumi menemui goa. 1 menit berlalu, 5 menit berlalu, 15 menit berlalu, 30 menit berlalu, matahari lalu bertanya pada goa, “Goa, ayolah lekas tunjukkan padaku seperti apa kegelapan itu. Aku sudah tak sabar melihatnya”

Gimana? Apakah kamu  menangkap inti ilustrasi di atas? Ya, kegelapan itu telah sirna seketika setelah matahari datang. Terang matahari telah menyingkirkan kegelapan di dasar bumi tersebut.

Meskipun demikian, mungkin kamu bertanya -tanya, “Tapi di zaman sekarang, seringkali orang yang benar semakin susah, dan orang yang tidak jujur  yang  lebih diuntungkan, bahkan seringkali orang yang baik dikalahkan oleh orang yang jahat. Bukankah itu tandanya gelap mengalahkan terang?”

Tidak sama sekali! Terang tetaplah terang, dan terang selalu lebih kuat dari gelap. Meskipun di dunia ini seolah-olah terang tersebut dikalahkan oleh kegelapan, pada akhirnya nanti, ketika kita menghadap Sang Pencipta, terang akan selalu mengalahkan kegelapan.

Tetapi ingat bahwa terang itu sendiri bukanlah upaya manusia. Alkitab menampilkan Kristus Yesus sebagai solusi, karena Dia adalah terang manusia (Yohanes1: 4) dan terang yang sesungguhnya (Yohanes 1: 9). Pada saat terang itu masuk ke dalam dunia yang gelap, maka kegelapan akan dikalahkan ( Yohanes 1: 5).

Puji Tuhan! Terang itu memang sudah ada di dalam dunia. Bukan hanya di dalam dunia, Terang itu juga sudah menyinari hati kita.

Tidak sepantasnya kita pesimis dengan keadaan dunia. Kejahatan dan kebodohan dalam dunia ini memang memprihatinkan, namun hal itu justru menjadi dorongan yang kuat untuk menyebarkan terang Kristus ke dunia.

Jadi jangan pernah takut untuk menjadi terang dimanapun kita berada, jadilah terang dan pancarkan kasih Allah lewat hidup kita.

 

Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 19 July 2018 - 23:17:38

Cara melunasi hutang

0 Answer

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us