Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
610


Komunikasi yang baik adalah fondasi penting dalam sebuah hubungan. Dalam bisnis, ada sebuah keahlian yang disebut sebagai komunikasi bisnis yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan di dunia profesional. Kebanyakan tantangan yang ada dalam pekerjaan biasanya berasal dari komunikasi.

Komunikasi yang baik membuat kesempatan kita dalam berkarir menjadi semakin luas. Seperti keahlian pada umumnya, kemampuan kita berkomunikasi bisa dilatih. Berikut adalah cara memperbesar kapasitas kita melalui komunikasi bisnis.

1. Belajar untuk menjadi pendengar

Normalnya, orang akan mengira kalau komunikasi adalah tentang pembicaraan yang dilakukan. Pada kenyataannya, sebuah komunikasi yang efektif dimulai dari mendengarkan. Tanyakan pertanyaan kepada orang-orang sekitar kita, kemudian dengarkan.

Keuntungannya ada dua, pertama kita bisa memahami darimana lawan bicara berasal, dan kedua, seseorang akan merasa jauh lebih nyaman ketika mendapati dirinya didengarkan. Fondasi ini membuka kesempatan bagi kita untuk membangun sebuah hubungan yang berkualitas.

2.  Kenali lawan bicara kita dengan baik

Mengenali lawan bicara adalah stategi cerdas untuk mengetahui cara membangun hubungan yang baik dengan mereka. Contohnya saat atasan mengajak kita untuk ikut rapat, tanyakan kenapa kita diundang, apa tujuan termasuk kontribusi kita dalam rapat tersebut. Sama halnya dalam sebuah presentasi yang akan dibawakan, kita harus bisa mengetahui siapa orang-orang yang akan hadir dalam presentasi tersebut.

3. Berlatih dapat memperluas peluang

Practice makes perfect. Bahkan para public speakers pun akan mempersiapkan dirinya dengan latihan. Persiapkan diri dengan menerapkan tujuan dari rapat atau pertemuan kita dengan seseorang. Antisipasi setiap pertanyaan yang akan diajukan dan siapkan jawabannya. Ketika ada orang bertanya tentang pertemuan yang kita adakan, kita cuma punya waktu 20 detik untuk menarik perhatiannya.

4. Jadi objektif dengan memisahkan emosi dari fakta

Dua alasan tentang mengapa pertemuan atau negosiasi tidak berjalan sesuai rencana adalah karena tindakan seringkali dipicu oleh faktor emosi yang kita alami. Memang kedengarannya sangat mudah, tapi terkadang dalam sebuah percakapan, pendapat kita yang terkesan logis pun sering tidak di terima oleh banyak orang. Hal ini bisa memicu perdebatan dan komunikasi yang kuran baik dari kedua belah pihak.

5. Biasakan diri dengan bertemu dengan banyak orang dengan santai

Setiap orang adalah pribadi yang unik. Kita berhubungan dengan orang lain mungkin karena urusan bisnis, tapi menjalin sebuah pertemanan dengan mereka akan menjadi nilai lebih buat kita. Bertemu dengan banyak orang membuat kita mengenal lebih banyak karakter orang-orang dan mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mendekatinya. Bukankah orang akan jauh lebih percaya pada teman dibandingkan dengan orang asing?

Ada banyak orang yang kesulitan untuk membangun hubungannya dengan orang lain. Satu kunci sukses lainnya adalah dengan mencari cara terbaik untuk mendekati mereka melalui menjadi diri kita sendiri.

Sumber : morganstanley

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us