Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
241


Kalau 'Kids jaman now' sebut barang lawas sebagai usang dan tak lagi bernilai, kita yang punya hobi koleksi barang-barang kuno tersebut menyebutnya sebagai harta karun. Sebab makin lama barang tersebut diproduksi, makan mahal juga nilai barangnya.

Jangan heran kalau ada banyak kolektor yang bahkan rela merogoh kocek dalam hanya untuk mendapatkan sebuah barang unik dan lawas. Mulai dari sebuah lukisan, benda otomotif, bahkan sampai peralatan dapur pun menjadi incaran para kolektor.

Tempat yang paling tepat bagi mereka untuk berburu barang koleksinya adalah pasar antik. Nah di bawah ini merupakan tongkrongan bagi mereka pecinta barang antik. Tapi jangan khawatir, buat kita yang bukan kolektor, pasar-pasar ini juga pasti akan sukses melayangkan kita pada masa-masa tempo dulu yang cakep banget buat foto-foto bertemakan vintage.

1. Pasar Klitikan Padangrani, Kota Lama, Semarang


Kota Lama Semarang memang terdengar sangat akrab di telinga kita. Sudah terlalu mainstream, katanya. Meskipun demikian, kawasan ini tetap menjadi tujuan wisata bagi banyak orang. Rasanya belum lengkap mampir ke Semarang kalau belum berfoto di gedung kuno peninggalan jaman kolonial kawasan ini.

Satu hal lain yang tidak boleh ditinggalkan adalah berjalan sekitar kawasan Pasar Klitikan Padangrani yang menjajakan perintilan barang antik dengan beraneka rupa. Saat mampir, kita bisa melihat kalau tiap kios punya daya tariknya tersendiri dengan menjajakan barang yang berbeda-beda. Mulai dari jajaran buku-buku, lukisan, peralatan makan, dapur, bahkan benda elektronik kuno rapi disusun pada kios-kios yang rata-rata hanya berukuran 3x3 meter ini.

2.  Pasar Bratang, Surabaya


Barang antik memang membawa kenangan sekaligus punya nilai artistik yang tinggi. Tidak heran kalau ada banyak kolektor yang rela mengeluarkan uang hingga puluhan juta di Pasar yang terletak di Jalan Bodri ini.

Tepat di lantai 2, kita bisa melihat para pedagang menyuguhkan koleksi-koleksinya. Saat berkunjung ke sini, jangan heran kalau ada wisatawan luar yang memang sengaja mencari barang kuno. Karena sekitar 40% pembeli barang antik di sini berasal dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, hingga Afghanistan.

3.  Pasar Triwindu, Solo


Didirikan sejak tahun 1939, Pasar Triwindu selalu sukses membuat kita seakan-akan mengunjungi lorong waktu dan kembali ke masa lalu. Selain patung dan beragam benda kesenian, kita juga bisa menemukan mesin tik tua, gramafon, radio, kamera lawas bahkan senjata kuno.

Latar belakang kios-kios yang tertata rapi juga akan membuat pasar ini menjadi lokasi yang tepat untuk berfoto. Uniknya, pasar ini juga memberlakukan sistem barter. Jadi kalau punya koleksi barang antik pribadi, kita juga bisa lho menukarkannya pada penjual sekitar dengan benda lain yang sepadan.

Baca juga: Nggak Cuma Pas Jaman Musa, Inilah 3 Pantai Dengan Fenomena Laut Terbelah Di Indonesia

4.  Jalan Surabaya, Jakarta Pusat


Sekitar 200 kios buka sepanjang jalan dari siang hingga sore hari. Lokasi yang strategis karena dekat dari kawasan elit menteng juga menjadi daya tarik bagi konsumen. Ada banyak pengunjung dari penjuru Indonesia, bahkan mancanegara rela datang hanya untuk memburu pernak-pernik barang antik di sini.

Sering disebut sebagai surga bagi para kolektor piringan hitam, ratusan kios-kios yang tertata apik disini juga menawarkan benda antik lain seperti sepeda onthel, kompas, bahkan setir kapal dan teleskop kuno pun ada di sini.

Buat kamu yang bingung sambil menghabiskan sisa liburan, yuk mampir ke pasar antik sekalian nostalgia di atas. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Banner Mitra Week  3


7189

advertise with us