Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
4831


Alkitab adalah satu-satunya sumber pelajaran hidup yang bisa kita pelajari. Bukan cuma mencatat soal kisah istri-istri yang baik saja, seperti halnya Naomi, Rahel, Sara, Maria dan sebagainya. Tapi Alkitab juga rupanya mencatat sejumlah wanita yang dianggap menjalankan perannya sebagai istri yang buruk loh.

Ada 10 sosok istri yang buruk yang dikenal di Alkitab, diantaranya:

1. Tamar          

Salah satu dari 12 putra Yakub, Yehuda, menikahi seorang janda Kanaan yang sudah memiliki dua anak. Secara adat, Yehuda mengambil Tamar untuk istri dari putra sulungnya, Er. Tapi karena tabiat Er yang jahat, Dia pun tak memberinya umur panjang. Setelah kematian Er, Yehuda berencana untuk menyerahkan Tamar kepada anaknya Onan. Tapi Onan justru menolak dan Tuhan pun tak memberikan umur panjang kepada Onan. Yehuda masih punya anak ketiga, tapi usianya masih sangat muda. Karena itulah dia menyuruh Tamar untuk kembali ke rumah ayahnya dan menunggu putranya beranjak dewasa.

Tahukah kamu apa yang dilakukan Tamar setelah itu? Alih-alih mematuhi perintah mertuanya Yehuda, dia malah menaggalkan pakaian jandanya, menutupi wajahnya dan berpakain seperti pelacur. Saat Yehuda melihatnya di tepi jalan, dia pun menidurinya. Tamar memang sudah merencanakan rencana licik ini. Dia bahkan meminta bayaran dengan barang-barang yang dibawa oleh Yehuda. Pada akhirnya Tamar mengandung anak Yehuda dan dia meminta pertanggung jawaban.

Meskipun Tamar melakukan cara yang cukup jahat, tapi siapa sangka Tuhan justru bisa memakai hal ini untuk menggenapi rencananya ke depan.

“….keturunanmu kiranya menjadi seperti keturunan Peres yang dilahirkan Tamar bagi Yehuda oleh karena anak-anak yang akan diberikan TUHAN kepadamu dari perempuan muda ini!” (Rut 4: 12)

2. Istri Potiphar

Potiphar adalah majikan dari Yusuf saat dirinya dijual sebagai budak ke bangsa Mesir. Tapi siapa sangka perawakannya yang menarik justru membuat istri majikannya tertarik kepadanya. Yusuf bahkan dijebak supaya mau mengikuti keinginan nyonyanya itu berseleweng dibelakang Potiphar. Namun dia tetap menolak.

Karena penolakan itulah istri Potiphar memfitnah Yusuf dan menjebloskan dia ke penjara. Tapi Alkitab memberi tahu kita bahwa Tuhan tetap menyertai Yusuf.

“Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu.” (Kejadian 39: 21)

Baca Juga : Inilah 5 Sosok Istri Terbaik Versi Alkitab

3. Rahab

Orang-orang pilihan Tuhan menyeberangi sungai Yordan menuju tanah perjanjian. Yosua adalah pemimpin mereka dan Tuhan memerintahkan dia untuk mengirim dua orang sebagai mata-mata untuk melihat kondisi tanah itu.

Keduanya lalu pergi ke Kanaan dan menginap di rumah seorang pelacur bernama Rahab. Saat tahu soal mata-mata ini, Raja Yerikho lalu memerintahkan untuk menggeledah rumah Rahab. Tapi Rahab menyembunyikan keduanya dan berbohong kepada raja. Walaupun pada akhirnya Rahab sepenuhnya berubah dan beriman kepada Tuhan. Tapi di masa lalunya wanita ini adalah seorang pelacur.

Tapi Tuhan kemudian memakai hidup Rahab untuk tujuan yang baik, dimana kemudian dia menikah dengan Salmon dan melahirkan putranya Boas.

“Demikianlah Rahab, perempuan sundal itu dan keluarganya serta semua orang yang bersama-sama dengan dia dibiarkan hidup oleh Yosua. Maka diamlah perempuan itu di tengah-tengah orang Israel sampai sekarang, karena ia telah menyembunyikan orang suruhan yang disuruh Yosua mengintai Yerikho.” (Yosua 6: 25)

4. Yael

Di bagian Hakim-hakim, kita bisa membaca soal kisah bangsa Israel yang hidup dengan melakukan kejahatan di mata Tuhan. Karenanya Tuhan pun memutuskan untuk menyerahkan bangsa itu ketangan raja Kanaan yang saat itu dipimpin oleh Sisera, seorang pemimpin dengan 900 kereta besi dan menindas bangsa Israel selama 20 tahun.

Setelah itu, seorang pemimpin perang Israel bernama Barack memutuskan untuk menyerang Sisera dan mereka berhasil mengambil alih kekuasaan.

Pemimpin perang Sisera pun melarikan diri ke tanda seorang wanita bernama Yael. Suaminya, Heber lalu berdamai dengan raja Kanaan itu, kemudian Yael mengundang pemimpin Sisera itu, memberinya makan dan menyuruhnya tidur. Tapi kemudian dia membunuhnya dengan cara yang sadis.

5. Delila

Dari kisah Samson, kita kemudian mengenal sosok Delila. Dia adalah istri yang benar-benar jahat. Alkitab menuliskan bahwa Samson adalah seorang pria yang punya keistimewaan sejak lahirnya. Tapi dia sama sekali begitu lemah soal wanita. Sejak bertemu dengan Delila yang bekerja sebagai pelacur itu, dia akhirnya menyerahkan semua hidupnya kepada wanita itu. Dia begitu percaya dengan Delila, tapi kepercayaan itu pula yang malah dimanfaatkan Delila untuk menyerahkan Samson ketangan orang Filistin demi imbalan uang dan emas.

“Sesudah itu dibujuknya Simson tidur di pangkuannya, lalu dipanggilnya seorang dan disuruhnya mencukur ketujuh rambut jalinnya, sehingga mulailah Simson ditundukkan oleh perempuan itu, sebab kekuatannya telah lenyap dari padanya.” (Hakim-hakim 16: 19)

Mari belajar dari kelima sosok istri yang buruk ini. Alkitab mencatat bahwa diantaranya memang kemudian dipakai Tuhan untuk menggenapi janjiNya, seperti yang terjadi pada Tamar, Yael dan Rahab. Tapi ada juga diantaranya yang kisah hidupnya selanjutnya tak tercatat di dalam Alkitab, seperti istri Potiphar dan Delila.

Sumber : Crosswalk.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us