Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
683


Setiap kita pasti sudah tahu kalau memiliki tidur dengan waktu yang cukup itu penting. Selain berpengaruh pada kesehatan, tidur yang cukup juga membuat kita jadi lebih siap dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Tapi pernahkah merasa kalau waktu tidur kita sudah cukup, pola makan teratur sementara tubuh selalu merasa lelah? Di bawah ini merupakan beberapa alasan kenapa kita seringkali merasa lebih cepat lelah.

1.  Penyakit tiroid

Penyakit ini menandakan kalau kita punya gangguan di bagian kelenjar tiroid. Fungsi kelenjar ini bertugas untuk mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh sehingga perannya sangat penting bagi manusia.

Gejala penyakit ini adalah kelelahan, lebih mudah murung, nyeri otot dan sendi, kehilangan berat badan, masalah penglihatan, kinerja yang buruk, perubahan suhu tubuh bahkan perubahan nafsu makan. Sementara penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh stres dan diet, paparan radiasi atau kekurangan nutrisi yodium atau selenium.

2.  Sindrom kelelahan kronis

Penyakit ini membuat kita sering merasa lelah sepanjang waktu. gejalanya membuat kita sering nyeri otot dan mengalami kesulitan berkonsentrasi. Biasanya, sindrom ini memengaruhi wanita daripada pria.

Gejalanya adalah kebingungan, kesulitan berkonsentrasi, sulit tidur, sakit kepala, sakit tenggorokan, demam ringan, masalah penglihatan, nyeri otot, sendi, dan tulang. Penyebabnya adalah komplikasi infeksi virus, tapi tidak ada virus yang telah teridentifikasi.

Faktor lain seperti usia, jenis kelamin dan stres juga sangat berpengaruh. Karena biasanya gejala ini rentan terjadi pada usia 40-50 tahun, lebih banyak diidap oleh wanita dan sering terjadi pada mereka yang punya banyak pikiran dan tekanan.

Baca juga: Niatnya Bikin Tubuh Lebih Bersih, Nyatanya 7 Perilaku Ini Buruk Untuk Kesehatan (Part 1)

3.  Gaya hidup yang itu-itu saja

Kita tahu kalau duduk selama berjam-jam dapat membuat tubuh tidak nyaman dan bisa menyebabkan sakit kepala atau nyeri pada bagian punggung. Tubuh kita dirancang untuk dipakai banyak bergerak, sehingga ketika kita tidak melakukan banyak kegiatan fisik, maka tubuh cenderung mengalami beberapa masalah seperti perubahan mood, nyeri, sakit kepala, mudah lelah, bahkan membuat berat badan menjadi bertambah.

Penyebabnya adalah melakukan pekerjaan hanya di depan meja, kurang melakukan kegiatan fisik, masalah punggung, penyakit kronis, kekurangan motivasi. Untuk mengatasi hal ini, kita harus melakukan beberapa latihan fisik untuk menyeimbangkan hormon yang ada pada tubuh kita. Cara ini juga bisa mengembalikan tubuh menjadi jauh lebih bugar dan membuat mood menjadi jauh lebih baik.

4.  Depresi

Penyebabnya depresi adalah stres yang tinggi, sedang menghadapi masalah emosional, mengalami hormon yang tidak seimbang, mengonsumsi banyak alkohol, kekurangan nutrisi, kekurangan sinar matahari, dan alergi pada makanan.

Depresi membuat energi yang ada dalam tubuh menjadi jauh lebih mudah hilang dan membuat kita kehilangan motivasi. Kita bisa mengatasinya dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat sekaligus melakukan kegiatan yang kita sukai untuk meredakan pikiran kita.

Kita tidak boleh meremehkan saat merasa tubuh selalu kelelahan. Ada baiknya kita berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami hal ini. Selain olahraga dan menjaga pola makan dengan baik, kita juga diingatkan untuk menjaga kesehatan pikiran. Sebab hati yang bersuka adalah obat yang manjur bagi setiap penyakit.   

Sumber : draxe

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us