Mayoritas Penduduknya Kristen, 5 Negara Ini Justru Dipimpin Seorang Ateis
Sumber: wikimedia

Internasional / 16 June 2018

Kalangan Sendiri

Mayoritas Penduduknya Kristen, 5 Negara Ini Justru Dipimpin Seorang Ateis

Budhi Marpaung Official Writer
12226

Meski sebagian besar penduduknya adalah beragama Kristen ternyata sejumlah negara di dunia ini justru dipimpin oleh orang yang tidak beragama atau ateis. Walau jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi negara-negara ini dikenal sebagai negara maju dan besar.

Jawaban.Com berhasil mengumpulkan beberapa negara yang dimaksud dan berikut adalah hasilnya:

1. Spanyol

Negara yang berjuluk “Negeri Matador” ini baru saja memiliki seorang pemimpin pemerintahan yang baru. Pedro Sánchez terpilih menggantikan Mariano Rajoy sebagai perdana menteri.

Pada saat acara pelantikan pada Sabtu (2/6/2018), Sánchez secara tegas menolak untuk memakai Alkitab dan salib saat prosesi pengambilan sumpah jabatannya. Ia menegaskan bahwa dirinya adalah seorang ateis atau tidak memercayai Tuhan.

Pemimpin partai Sosialis tersebut juga menolak untuk mengucap “sumpah” dan menggantinya dengan “janji” karena kata itu dianggapnya yang umum digunakan.

“Aku berjanji dengan hati nurani dan kehormatan, dengan kesetiaan kepada raja, dan untuk menjaga konstitusi sebagai aturan negara yang mendasar,” ucap Sánchez dalam prosesi tersebut.

2. Yunani

Sejak 2015, negara berpenduduk mayoritas agama Kristen Orthodoks Timur ini dipimpin oleh perdana menteri Alexis Tsipras, Ketua Partai Syriza yang beraliran kiri. Setelah terpilih ketika itu, Tsipras menolak acara pelantikannya ada kesan-kesan relijius.  Tsipras mengatakan bahwa itu diminta oleh dirinya karena ia adalah seorang ateis.

(Sumber: wikipedia)

3. Kroasia

Kroasia pernah dipimpin oleh perdana menteri Zoran Milanovic selama 5 tahun. Ia memulai pemerintahannya pada 2011 dan berakhir pada 2016.

Saat berkuasa, Milanovic mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya dan para menteri non-agama dirinya tidak akan pergi ke gereja pada hari libur kenegaraan.

Apa yang dilakukan Milanovic tergolong berani mengingat 90 persen penduduk Kroasia adalah penganut agama Katolik.

4. Perancis

Pada satu kesempatan wawancara dengan jurnalis setempat pada 2002 silam, Perdana Menteri Francois Hollande mengatakan bahwa dirinya tidak meyakini adanya Tuhan.

“Saya telah sampai pada kesimpulan yang jelas bahwa bagi saya Tuhan tidak ada, bukan sebaliknya,” ujar Hollande seperti dilansir oleh Quartz.

Meski Perancis dihuni oleh beragam etnis, tetapi sebagian besar penduduknya tetaplah menganut agama Kristen.

Baca Juga: Ternyata, Inilah Alasan Nick Vujicic Percaya Tuhan dan Tidak Jadi Ateis

5.  Denmark

Negara yang terletak di Eropa Timur ini pernah dipimpin oleh seorang perdana menteri perempuan bernama Helle Thorning-Schmidt. Menariknya, Schmidt pernah secara terang-terangan mengatakan kepada media lokal bahwa dirinya tidak meyakini adanya kehidupan kekal, keselamatan, surga dan neraka.

Bukan hanya itu saja, Perdana Menteri Denmark periode 2011-2015 mengaku sudah lama tidak pergi ke gereja.

Sumber : tirto.id
Halaman :
1

Ikuti Kami