Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
213


Tumbuh kembang anak di masa balita sangat dipengaruhi oleh nutrisi atau asupannya sehari-hari. Oleh karena itu asupan gizi yang lengkap dan seimbang sangat diperlukan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tapi masalahnya, ada anak-anak yang mempunyai alergi terhadap jenis makanan tertentu yang sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh, seperti telur, susu, ataupun makanan yang berasal dari laut (seafood).

Alergi sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya riwayat genetik, paparan makanan yang dapat memicu alergi, serta saluran cerna yang tidak matang. Biasanya alergi yang disebabkan oleh faktor genetik dan ketidakmatangan saluran cerna akan hilang saat anak berusia 7 tahun, namun bila penyebabnya adalah makanan antisipasinya adalah dengan menghindari makanan pencetus alergi.

Reaksi alergi yang terjadi pada anak-anak bisa berbeda antara satu anak dengan anak lain. Ada yang reaksi alerginya dengan muntah-muntah, diare, ataupun yang paling sering adalah gatal-gatal. Orang tua perlu menyadari sejak dini, karena jika reaksi alergi tidak tertangani dengan baik bisa saja menimbulkan masalah yang serius. Misalnya muntah-muntah dan diare yang berlebihan akan menimbulkan anak dehidrasi dan harus dirawat di rumah sakit untuk pemulihannya.

Jika anak alergi terhadap jenis makanan tertentu, orang tua harus mencari makanan pengganti dengan gizi yang sama, tetapi tentu yang tidak menimbulkan alergi pada anak. Selain itu, harus pula ditambahkan sumber-sumber makanan bergizi seperti buah dan sayuran untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Karena reaksi alergi setiap anak bisa lebih mudah terjadi jika kondisi tubuh sedang menurun.

Tentunya tidak mudah ya, Mam, selalu menyelipkan buah dan sayur setiap saat untuk membantu daya tahan tubuh si kecil. Apalagi jika rasanya tidak enak, pasti si kecil akan menghindarinya. Untuk membuat si kecil lebih menyukai makanan sehatnya, Mam bisa membuatnya menjadi cemilan-cemilan sehat.

Apa saja sih contoh cemilan sehat untuk anak yang punya alergi tertentu? Ini ada beberapa idenya, Mam.

Cemilan untuk anak alergi telur.

Memang agak susah mencari pengganti telur sebagai bahan masakan. Tapi sebenarnya, jika si kecil masih makan daging dan ikan, maka kandungan energi dan protein dalam daging dan ikan sudah cukup dalam menggantikan satu butir telur ayam. Untuk cemilannya, saat ini di Internet ternyata sudah banyak sekali sumber-sumber untuk mendapatkan resep masakan tanpa telur. Mam bisa mulai mencatat dan bereksperimen membuatnya. Misalnya yang mudah, Mam bisa membuat bola-bola daging kuah, sushi ikan, bakso ikan, mashed potato, dan sebagainya.

Pengganti susu untuk anak alergi susu sapi.

Jika si kecil alergi protein susu sapi, Mam bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kalsiumnya dengan beberapa pilihan susu jenis lain, seperti susu dari kacang-kacangan (kedelai, almond). Susu kedelai mengandung protein kedelai yang jumlah dan kualitasnya tak kalah dibanding dengan protein dari susu sapi. Selain itu ada juga susu sapi yang sudah diformulasikan khusus untuk anak-anak yang alergi terhadap protein susu. Tetapi biasanya susu ini rasanya tidak enak dan harganya juga lebih mahal.

Makanan pelengkap untuk anak alergi seafood.

Gampang-gampang susah memang untuk menyediakan makanan tambahan bagi anak yang alergi seafood. Karena sebenarnya tanpa makan makanan laut pun bisa, banyak penggantinya. Ada daging sapi, ikan air tawar, daging unggas, dan sebagainya. Tapi memang semakin bertambah usia nanti, anak akan semakin banyak terpapar berbagai jenis makanan, salah satunya seafood ini. Bisa saja di sekolah atau saat bersama temannya, anak tak sengaja makan-makanan yang mengandung unsur makanan laut. Oleh karena itu, sejak dini Mam perlu mengetahui makanan laut apa yang menjadi pencetus alerginya, apakah udang, cumi-cumi, kerang, atau yang lainnya. Dan jangan lupa sejak dini berikan pengertian kepada si kecil tentang resiko yang mungkin timbul jika tak sengaja memakan makanan laut.

Semoga dengan banyakan informasi mengenai bahan makanan pengganti ataupun makanan pelengkap bagi anak yang alergi, bisa membantu Mam untuk memilih cemilan sehat dan makanan tambahan yang aman bagi si kecil.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us