Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
589


Bisakah kita menghitung berapa jumlah kebiasaan buruk yang ada dalam diri kita? Beberapa diantaranya bahkan berdampak pada kehidupan rohani kita, lho. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu kita hilangkan agar bisa menjadi pribadi yang semakin bertumbuh dalam Tuhan.

1.  Menunda pekerjaan

Tanpa perlu saling menunjuk, setiap dari kita pasti pernah menunda sebuah pekerjaan. Kita menyadari bahwa kebiasaan menunda dapat mempengaruhi kualitas seseorang dunia profesional maupun akademik. Tidak banyak orang yang bisa mengerjakan suatu hal dengan baik jika harus dikejar-kejar dengan deadline.

Sebagai orang Kristen, berapa dari kita yang terpaksa harus buru-buru meninggalkan gereja karena harus menyelesaikan pekerjaan yang kita tunda selama berhari-hari? Mungkin terdengar sangat sepele, tetapi dengan menunda kita membuat pekerjaan menjadi semakin menumpuk. Pekerjaan yang menumpuk inilah yang seringkali dijadikan alasan buat kita untuk meninggalkan rutinitas kita bersama Tuhan.

2.  â€˜Ngaret’

Siapa yang tidak kesal kalau harus menunggu seseorang yang datang terlambat? Ketika tiba saatnya kita untuk datang ke hadirat Tuhan, artinya Ia sedang menunggu kita. Saat kita pergi ke gereja dan terlambat, kita membuat Tuhan menunggu sekaligus membuat kita tidak berada pada kondisi terbaik untuk menghadap Tuhan.

3. Pemborosan

Pemborosan tidak melulu soal uang. Tanpa disadari kita juga sering membuang-buang makanan yang sudah disediakan bagi kita. Contoh lainnya adalah saat kita terlalu terburu-buru sehingga lupa mematikan listrik di rumah.

Kita tahu kalau diluar sana ada banyak orang yang kurang beruntung dibandingkan dengan kita. Sebagai orang percaya sudah seharusnya kita bisa menjadi lebih bijak dalam segala hal. Termasuk dengan cara menghabiskan setiap berkat yang kita terima melalui makanan maupun menjadi lebih bijak dalam menggunakan setiap fasilitas yang tersedia.

Baca juga: Buat Kamu Yang Merasa Gagal Dalam Pertemanan, Yuk Benerin dengan 3 Cara Ini 

4. Protes

Tukang protes akan menempatkan dirinya sebagai seorang korban. Tentu saja hal ini meninggalkan kesan negatif bagi setiap orang yang mendengarkannya. Mulai sekarang, daripada kita mulai protes terhadap keadaan, cobalah untuk mulai mengingat setiap kebaikan yang telah kita lalui.

Sebab ketika kita mulai protes terhadap sesuai, kita cenderung fokus pada sesuatu yang salah. Hal ini dapat menuntun kita pada kemarahan pada masalah tersebut maupun rasa iri saat kita mulai membandingkan diri kita dengan orang lain.

Sikap protes juga menandakan kita tidak bersyukur terhadap hal yang telah kita terima, padahal sebagai seorang Kristen kita diajarkan untuk hidup dengan penuh rasa syukur.

5. Selalu berkata 'Ya!' pada segala hal

Kita memang diajarkan untuk menjadi pribadi yang optimis sebab telah dipelihara oleh Tuhan. Seseorang yang selalu berkata 'Ya!' pada segala hal akan mendapati dirinya kelelahan dengan pekerjaan dan tanggung jawab. Sebagai orang percaya, kita harus bisa mengatakan tidak pada suatu hal yang tidak sesuai dengan kemampuan kita, terutama jika hal ini menentang firman Tuhan.

Sebuah kebiasaan tidak akan mudah untuk dihilangkan, namun tidak berarti mustahil untuk dihilangkan. Dengan kemauan dan kesabaran, kita bisa menghilangkan setiap kebiasaan buruk. Menghilangkan kebiasaan buruk bisa menjadikan kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik secara jasmani maupun rohani.  

Sumber : beliefnet

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Owen 19 August 2018 - 12:31:02

Nats Alkitab yang bercerita tentang rapat

0 Answer

Devon ryanto 19 August 2018 - 12:22:57

Cara menang dari dosa pornografi?

1 Answer

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7190

Gempa Lombok