Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
493


Tiap kali momen libur hari raya tiba, seperti Lebaran, Natal dan Tahun Baru, kamu para perantau pasti mulai resah dan gelisah. Yang paling diresahkan biasanya adalah budget pengeluaran selama liburan bareng keluarga.

Perantau pasti paham betul masalah ini. Karena biar bisa pulang pun mereka harus sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya. Karena memang rencananya pulang kampung, tentunya harus banyak bawa uang kan biar gak kelihatan miskin-miskin amat.

Tapi tahukah kamu, masalah ini gak harus perlu dipusingin kalau saja kamu tahu cara meminimal budget selama liburan bareng keluargamu. Biar lebih hemat, kamu harus sebijak mungkin mengatur segala sesuatunya. Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Susun rencana liburan jauh hari sebelumnya

Kalau kamu pulang kampung, gak mungkin kan kamu dan keluarga besar di rumah terus. Bisa jadi, orang tua dan sanak saudara yang lain meminta buat berkunjung ke rumah saudara yang lain. Biasanya kalau udah silaturahmi begitu, mau gak mau kamu juga harus keluarin kocek yang cukup besar bukan buat di kasih entah ke anak-anaknya atau buat pengeluaran selama perjalanan. Jadi, biar gak rugi sepakatilah dengan keluarga rumah saudara mana saja yang harus dikunjungi dan berapa lama rencananya akan di sana. Lebih tegaslah menolak permintaan-permintaan yang bisa lebih merugikan keuanganmu.

2. Urunan sama saudara yang lain lebih membantu

Kamu dan saudara lain sama-sama sudah kerja dan sudah berkeluarga. Pulang kampung adalah salah satu momen yang paling berarti buat keluarga kalian karena itulah timing yang tepat buat liburan bareng.

Liburan sekeluarga besar tentu saja akan menghabiskan banyak biasaya bukan? Kalau yang nanggung cuma kamu saja pasti akan terasa berat. Jadi, cobalah berdiskusi dengan saudara yang lain dan meminta kesediaan mereka buat urunan soal biaya liburan itu. Nah, kalau sudah begitu biayanya pasti jauh lebih ringan bukan?

3. Persiapkan uang kecil buat dibagi-bagi ke sanak saudara

Kamu mungkin sering miss dalam hal ini. Tapi kali ini jangan lagi ya! Momen hari raya adalah momen dimana kita dituntun buat ngasih THR ke saudara-saudara dekat. Nah, biar lebih hemat alangkah baiknya mempersiapkan duit pecahan atau duit kecil, misalnya dua ribuan, lima ribuan atau sepuluh ribuan saja, buat dibagi-bagi ke anak-anak yang datang ke rumah. Atau kamu juga bisa mengganti uang dengan parsel kue buat keluarga dekatmu.

4. Jaga kantong dari pengeluaran tak terkontrol

Kita bisa saja terlena dengan sesuatu yang kita lihat di depan mata. Sampai-sampai gak sadar kalau pengeluaran kita udah membengkak. Kamu memang gak belanja, tapi kalau istri atau anak-anakmu yang suka minta uang mulu bisa bangkrut dong lama-lama.

Nah, cara bijak biar gak kena masalah ini adalah membuat kesepakatan bersama dengan semua anggota keluarga soal berapa pengeluaran yang bisa dihabiskan oleh masing-masing selama liburan. Dan kalau budget itu sudah melebihi batas, itu artinya mereka tak lagi punya pilihan untuk meminta uang tambahan.

Tak ada masalah yang gak bisa diselesaikan. Asal kita tahu caranya, kita pasti bisa kog. Jadi, kalau kamu lagi mudik atau pulang kampung liburan bareng keluarga, coba aja cara ini ya.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

advertise with us