Lori

Official Writer
1081


Tinggal beberapa hari lagi umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri. Setelah sebulan penuh umat Muslim menjalankan puasa, kita lihat kalau umat beragama lainnya turut menunjukkan toleransinya dengan beragam cara, ada yang menggelar buka bersama dan juga membagi-bagikan takjil gratis kepada mereka yang sedang berpuasa.

Untuk tetap mempertahankan keindahan ini, semua tokoh lintas agama pun berharap lewat perayaan Idul Fitri tahun ini, toleransi semakin diperkuat.

Hal inilah yang disampaikan oleh tokoh Katolik dari Koferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Romo Agus Ulahayana. Dia berpesan supaya umat Kristiani dan Muslim bisa bekerja bersama dalam memajukan bangsa.

“Dengan semangat Idul Fitri ini diharapkan bahwa sisi kebangsaan Indonesia semakin dikuatkan dengan adanya toleransi antarumat beragama dan kerukunan,” ucap Romo Agus yang juga menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antar Agama sdan Kepercayaan KWI.

Dia juga mengingatkan supaya umat beragama lain bisa menghormati dan mendukung proses perayaan Idul Fitri oleh umat Muslim. Dalam hal ini, dia mengundang semua umat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses ibadah nantinya.

“Hal-hal seperti itu sebaliknya juga di Hari Natal orang Islam jaga keamanan dan ketertiban. Di tengah berbagai peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini, kita justru menunjukkan kebersamaan, kerukunan kita, toleransi kita,” terangnya.

Serupa dengan itu, tokoh agama dari Nahdatul Ulama (NU) juga berpesan supaya perayaan Idul Fitri ini membuat tali persaudaraan umat beragama di Indonesia semakin kuat.

“Di Idul Fitri tahun ini marilah kita kuatkan lagi tali persaudaraan sebangsa dan se-Tanah Air, bekerja keras dan berkualitas,” ucap Sulton Fatoni, Ketua Pengurus Besar NU.

Sementara Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) masih belum memberikan konfirmasi soal pesan khususnya di Idul Fitri ini untuk semua umat. Tapi kita percaya semua masyarakat Indonesia berharap Idul Fitri 2018 semakin memperkuat jalinan persaudaraan antarumat beragama.

Sumber : Suaradewan.com/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2