Wow, 3 Gereja di Indonesia ini Lakukan Hal Menyentuh untuk Umat Muslim yang Lagi Ramadan
Sumber: www.beliefnet.com

Nasional / 12 June 2018

Kalangan Sendiri

Wow, 3 Gereja di Indonesia ini Lakukan Hal Menyentuh untuk Umat Muslim yang Lagi Ramadan

Budhi Marpaung Official Writer
3530

Meski tidak ikut menjalankan ibadah puasa, tetapi umat Kristen di sejumlah wilayah di Indonesia ikut serta di dalam merayakan Ramadan. Bentuk dukungan gereja yang diberikan kepada umat Muslim juga beraneka ragam. Jawaban.Com berhasil mengumpulkan fakta dari sejumlah sumber dan berikut rangkumannya:

1. Pengurus Gereja Protestan Indonesia Gorontalo Bagi-bagi Takjil

Seperti dilansir Aktual.Co, para pengurus Gereja Protestan Indonesia Gorontalo membagikan takjil berupa kue dan makanan ke para pengendara becak motor, pengendara motor hingga mobil yang melewati Jalan Pendang Kalengkongan, Senin (11/6).

Pengurus GPIG Imanuel Kota Gorontalo Rudolf Lumy mengatakan pembagian takjil ini bukanlah kali pertama pihaknya lakukan. Adapun tujuan mereka terus melakukan itu setiap tahunnya adalah sebagai bentuk toleransi dan untuk menunjukkan rasa solidaritas antarumat beragama.

“Berbagi kasih mewujudkan damai sejahtera dan kebersamaan di Provinsi Gorontalo,” sambung Rudolf Lumy.

Baca Juga: Soal Israel Tolak Visa Turis dari Indonesia, Ini Tanggapan Pdt. Rachmat Manullang

2. Jemaat GBI Altar Filadelfia bagi-bagi 500 sembako

Sejumlah jemaat perempuan GBI Altar Filadelfia yang tergabung di dalam komunitas Women Filadelfia membagi-bagikan sekira 500 paket sembako ke warga sekitar Jl. HR Muhammad, Surabaya, Jawa Timur dan orang-orang yang membutuhkan, Senin (11/6/2018).

Dian Kryss, salah seorang pengurus Women Filadelfia mengatakan bahwa hal persaudaraan itu tidak memandang agama, yang ada adalah saling mengasihi.

“Mengasihi siapa saja yang terdekat, bapak, ibu, dan sesama,” ujar Dian sebagaimana dikutip surya.co.id dalam lamannya.

3. Jemaat GKI Beringin Dirikan Posko Mudik Gratis di Depan SPBU

Untuk kali kedua belas, jemaat Gereja Kristen Indonesia Beringin mendirikan posko mudik gratis. Kali ini lokasi posko mudik gratis ditempatkan di SPBU Arteri Puri Anjasmoro, Jalan Anjasmoro Raya, Semarang, Jawa Tengah.


(Sumber: medcom.id / Mustholih)

Penanggung jawab kegiatan dari GKI Beringin, Daud Rivai menyatakan bahwa pada 2007 silam, muncul sebuah ide dari jemaat bagaimana kalau pihaknya melakukan kegiatan sosial jelang idul fitri.

"Karena kami merasa tidak punya kegiatan pada saat jelang Lebaran. Kami berpikir kenapa tidak memberikan pelayanan kepada pemudik yang jauh dari Jakarta, Bandung pulang ke daerah," jelas Daud seperti dikutip dari laman medcom.id.

Daud mengatakan layanan yang disediakan oleh pihaknya antara lain layanan makanan dan minum gratis dan juga kesehatan.

"Kami mau menunjukkan kebhinekaan. Kalau kami yang Kristiani ada kesempatan membantu saudara-saudara kita yang muslim kenapa tidak? Karena pada saat Natal, rekan Banser berjaga di gereja, jadi ada timbal balik," ujar Daud.

Semoga menginspirasi banyak umat Kristen yang ada di Indonesia karena Inilah sesungguhnya Indonesia, yang berbeda-beda tapi satu jua. Banyak pihak yang ingin merusaknya, tetapi semoga dengan kesadaran dari anak-anak bangsa bahwa negeri adalah dari Aceh sampai Papua, Pulau Mianggas sampai Pulau Rote maka perdamaian ini terus abadi.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami