Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
960


Momen patah hati memang selalu menjadi momen yang sulit untuk diungkapkan, momen yang begitu menyakitkan dan meninggalkan bayangan sendu yang mencekam merenggut kebahagiaan kita seketika.

Ekspektasi, mimpi dan harapan yang telah dibangun ketika bersama si doi, kini tinggal kenangan yang rasanya tak mungkin terjadi lagi. Seperti ada yang terhilang yang membuat kita sulit untuk tersenyum dan membuka hati kepada yang lain.

Kecewa, marah dan rasa menyesal berkecambuk dalam pikiran kita. "Kenapa saya harus percaya kepada dia, ya Tuhan?", "Semua pria/wanita sama saja. Sulit dipercaya."

Kisah itu terus terekam sekian tahun dan tanpa disadari usia sematang  ini, kita bahkan belum memulai pacaran atau menikah.

Apa yang harus kita lakukan kalau begitu?

Jawabannya adalah memaafkan dan mengampuni!

Yap! Mengampuni, memaafkan proses yang kita anggap salah, mengecewakan bahkan menyakiti kita tersebut.

Ini adalah hal yang pertama yang patut kita lepaskan dan lakukan agar kita bisa bebas.

Ketika kita berusaha fokus terhadap kesalahan di masa lalu, maka kita nggak akan bisa mendengar pesan dari Allah dan memandang yang terbaik yang disediakanNya di sekitar kita.

Jadi, kita harus bisa mengampuni dan memaafkan masa lalu, dan apapun yang kita lihat menyakiti kita.

Pengampunan adalah keputusan sadar dan yang bisa dilakukan dengan melatih pikiran kita setiap hari.  Artinya, pengampunan adalah keputusan yang harus dilakukan setiap hari, tidak bergantung dengan perasaan kita.

Berikut ada beberapa langkah yang mudah yang bisa kita ikuti untuk memulai perjalanan baru dan mampu mengampuni:

1. Terhubunglah dengan emosi kamu

Hormati dan hargailah dimana pun posisi kehidupan kamu saat ini, tanpa adanya penghakiman.

Bersikaplah lembut pada dirimu sendiri, tanpa menyalahkan siapapun.

Coba tuliskan semua pemikiran dan perasaan kamu dalam selembarkertas, selanjutnya tanya dirimu mengenai apa yang bisa kamu lakukan untuk menemukan jalan keluar mengenai emosi-emosi tersebut, entah itu jalan-jalan, menghabiskan waktu dengan alam, melukis, menggambar, bermain musik, menulis surat pengampunan atau mungkin meminta bantuan konselor.

2. Lepaskan masa lalu kamu

Untuk bisa bergerak maju dalam hidup kita, maka hal yang utama yang harus kita lakukan adalah berani melepaskan masa lalu dalam kehidupan kita yang sekarang.

Sering sekali  kita masih membawa masa lalu sampai sekarang tanpa kita sadari. Tahu nggak bahwa masa lalu itu akan membebani kita dan bikin kita merasa terjebak. Tanpa latihan yang rutin untuk melepaskan, maka itu artinya kita sedang mengembangkan emosi kita dan membuat mental kita kacau. Ini bisa menghancurkan visi kita dan bahkan menyulitkan kita untuk melihat adanya terobosan baru menuju kehidupan yang jauh lebih bahagia.

Berlatihlah untuk melihat hidup kamu sekarang ini  dan menghargai setiap hal yang Tuhan sudah lakukan hingga kini.

3. Kembalikan kekuatan kamu dan move on lah

Yuk, mulailah untuk menulis cerita baru untuk hidup kamu sendiri.

Kamu bisa selalu berkonsultasi dengan Sang Penulis Skenario hidup kamu yaitu Tuhan.

Kita nggak dilahirkan sebagai korban dan pengampunan bukanlah pengalaman satu kali saja, kita perlu berkomitmen untuk terus belajar mengampuni berulang kali. 

Matius 6:14-15: “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni   orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Nggak seorang pun yang sempurna di muka bumi ini. Ubahlah cara pikir kita, karena dunia ini bukan surga dimana segala sesuatu tampaknya harus sempurna.

Akan ada banyak yang mungkin menyakitkan ke depan, belajarlah untuk selalu melepaskan pengampunan, ambil alih kekuatan kamu dan bersukacitalah di dalam kasih Allah sebab Dia terlebih dahulu sudah mengampuni kita.

Gagal dalam hubungan adalah sesuatu yang wajar. Itu sebabnya kita perlu bersekutu selalu dalam Tuhan setiap mengambil segala keputusan. Jika hari ini kita merasa kehilangan satu hal yang berharga, dan mengecewakan, itu karena Tuhan mengasihi kita. Ada banyak hal yang Tuhan rencanakan dalam hidup kita yang terkadang sulit dipahami dengan cara pikir manusiawi kita. Tetaplah taat, bangkit dan bebaskan dirimu!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

Konselor