Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
435


Yeiiiihh..THR (Tunjangan Hari Raya) nya udah masuk ke rekening. Saatnya buat kamu belanja-belanja buat kebutuhan liburan hari raya. Tapi hati-hati ya, jangan sampai kalap loh! Karena kalau belanjanya gak terkontrol, bisa-bisa duitnya malah ludes semua. Boro-boro liburannya bikin happy, kamu justru kuatir karena isi tabungan udah makin menipis.

Nah, biar gak ngalamin kondisi ini lebih baik kamu ikutin cara-cara di bawah ini ya.

1. Pisahkan gaji bulanan dari THR

Ini adalah cara paling bijak supaya kamu gak lepas kontrol saat berbelanja. Jadi cobalah menyusun daftar pengeluaran. Seperti memusatkan gaji bulanan untuk belanja kebutuhan sehari-hari dan THR hanya untuk biaya ekstra selama liburan hari raya. Kamu juga bisa menentukan berapa persen dari uang yang kamu habiskan dan berapa yang harus ditabung.

2. Persiapkan untuk anggaran mudik

Mudik atau pulang kampung adalah hal yang paling umum dilakukan saat hari raya tiba. Buat para perantau mudik pastinya gak murah. Apalagi kalau harus bawa semua keluarga pulang. Nah, biar biayanya gak terlalu mubajir. Ada baiknya membuat rincian berapa besar biaya yang harus dikeluarkan selama liburan. Kamu juga bisa mengalokasikan sebagian dana dari THRmu.

3. Jangan lupa memprioritaskan pembayaran tagihan

Kalau kamu punya kredit atau pinjaman, segeralah mengalokasikan sebagian THR mu untuk itu. Kalau kamu memang mendapat THR dalam jumlah yang cukup besar, alangkah baiknya memakai uang tersebut untuk membayar kredit atau utang untuk beberapa bulan ke depan. Hal ini akan sangat meringankan beban finansialmu selepas hari raya karena gaji bulananmu tak lagi harus dialokasikan tagihan-tagihan itu.

Baca Juga :

Jika 5 Hal Ini Kamu Coba, Dijamin Bonus atau THRmu Nggak Akan Ludes Tanpa Makna

Hati-hati Terjerat Hutang Karena THR Tidak Cukup

4. Sisihkan sebagian uang THR untuk investasi

Uang THR bisa saja kamu pergunakan untuk tabungan. Itung-itung kamu bisa menjadikan tabungan tersebut sebagai investasi jangka panjang. Alih-alih harus menghabiskannya hanya untuk barang-barang baru yang bisa dipakai saat liburan hari raya, mending menyisihkan THR mu untuk sesuatu yang lebih penting ke depan. Kamu bisa memilih berinvestasi dalam bentuk emas, raksadana atau saham. Pilihannya terserah kamu.

Tapi sekalipun kamu emang mau simpan THR kamu buat tabunganbukan berarti kamu jadinya pelit ngasih THR ke sanak saudaramu ya. Seenggaknya sisihkanlah sebagian untuk dibagi-bagi ke beberapa keluarga yang kamu temui di hari raya ini.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

advertise with us