Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
706


Dibilang insomnia, nggak. Jam tidurmu tepat pada waktunya, masalahnya kenapa pas bangun pagi-pagi rasanya badan lelah banget sehingga sering banget nggak fokus kerja dan nggak produktif dalam melakukan aktivitas ya?

Coba cek, apakah kamu sering mendapati dirimu bangun tengah malam dan sulit tidur kembali?

Jika  kamu sering mengalami hal itu, maka tidak heran jika di pagi hari tubuh kamu merasa nggak segar dan nggak berenergi.

Sebenarnya ada begitu banyak orang yang bangun ditengah malam, bahkan 3-4 kali semalam. Siklus tidur manusia normal itu adalah setiap 90-120 menit. Dikutip dari LifeHack, seorang dokter yang ahli dibidangnya yaitu Dr. Michael Breus berkata bahwa kebanyakan orang akan melalui 3-4 siklus tidur per malam.

Jadi sudah jelas bahwa nggak cuma kamu doang yang mengalami kejadian yang sama, namun ada begitu banyak orang. Hanya masalahnya, jika melulu begini setiap hari, maka pekerjaan kita akan berantakan dan hari-hari kita semakin buruk sehingga kesehatan pun bisa berpengaruh.

Untuk mengatasi hal ini, kita harus mengetahui permasalahan atau alasannya dulu.

Dibawah ini ada 5 alasan paling umum yang bisa kamu cek dari diri kamu :

1. Kamu membawa rasa stress kamu sampai ke tempat tidur

Kemungkinan besar, kamu mengalami hari yang buruk di kantor, atau mungkin kamu mengalami bentuk stres lainnya, entah karena pasangan, keluarga dan lain sebagainya. Lalu, kamu mulai membawa rasa stres tersebut sampai ke dalam rumah hingga ke tempat tidur, merenungkan stres kamu selama berjam-jam sampai kamu tertidur sendiri.

Tahu nggak bahwa ketika itu, otak kita cenderung merenungkan stres kita dan bikin kita nggak bisa tidur nyenyak.

Mata kita mungkin tertutup karena lelah, tetapi dalam tidur, otak kita beroperasi sehingga membangunkan kita di tengah malam.

Sebaiknya kesampingkan pikiran stres kamu dan berdoalah.

2. Memakan makanan nggak sehat sebelum tidur

Jus buah dan yogurt biasanya di pasarkan sebagai makanan yang sehat tetapi kenyataannya makanan ini penuh dengan gula sehingga bisa mengganggu tidur nyenyak kita. Selain gula, hindari juga makanan berlemak dan berminyak.

Tahu nggak, bahwa makanan yang nggak sehat itu bisa memicu respon stres di otak dan menyebabkan peradangan.

Makanan mengandung kortisol dan kortisol sangat berhubungan dengan melatonin yang berfungsi mengatur tidur kita.

Semakin kita banyak makan sebelum tidur maka kandungan kortisol semakin tinggi, maka kita akan sering terbangun di tengah malam.

3. Pakai eletronik sebelum tidur

Teknologi yang modern di zaman now menawarkan banyak hal dan mampu mengakses media sosial dan film dengan mudah bahkan sampai 24 jam nonstop.

Sayangnya kemajuan terknologi sekarang justru berdampak negatif bagi kemampuan otak dan tidur kita secara optimal jika kita tidak bijak dan meyadarinya.

Cahaya dari layar LED seperti ponsel kamu, komputer dan TV  memiliki kepadatan cahaya spektrum biru yang tinggi dan sangat akrab dengan otak. Cahaya biru adalah spektrum cahaya penting yang membantu otak kita untuk membedakan jam tidur.

Ketika cahaya biru tinggi di siang hari, maka ini akan bikin otak kita mengenali waktu, sehingga kita akan siap untuk  tidur di waktu yang tepat yaitu malam hari.

Karenanya kita perlu menghentikan penggunaan elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur untuk menghindari cahaya biru dan membiarkan otak kita tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

4. Kerja sampai jam tidur

Karena waktu yang kita miliki hanya 24 jam sehari, sehingga kita ingin memaksimalkannya dengan baik bahkan kerjapun sampai malam hari.

Nggak cukup bekerja di kantor, sesampai di rumah kita masih memandangi komputer dan bekerja hingga jam tidur kita.

Berharap bangun segar di pagi hari, yang ada kita terbangun ditengah malam dan sulit tidur kembali.

Kita perlu mengetahui bahwa otak itu membutuhkan waktu untuk rileks.

Sebaiknya, berikan isyarat pada otak kamu bahwa pekerjaan sudah selesai dan bisa dilanjutkan keesokannya, istrahatlah 1 jam sebelum tidur.

Tutup semua pekerjaan kamu, berbaringlah di kasur, tarik napas sedalam-dalamnya sebanyak 20 kali, mandi air panas, baca buku atau Alkitab dan berdoa lalu tidur.

Gunakan apapun yang terbaik untuk hidup kamu, namun kuncinya tetaplah konsisten. Semakin kamu konsisten dengan pekerjaan dan aktivitas kamu maka semakin baik bagi otak kamu menciptakan transisi untuk relaksasi.

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

advertise with us