Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
241


Sebelumnya, kita sudah membahas 3 kebiasaan yang kita pikir adalah tindakan untuk menjaga kebersihan, padahal efeknya bisa buruk pada kesehatan. Berikut adalah 4 hal lainnya.

4. Menggunakan produk pembersih vagina

Penting buat wanita, seringkali kita melakukan langkah praktis untuk membersihkan bagian intim. Ada banyak penelitian yang tidak merekomendasikan kebiasaan ini. Hal ini karena kebanyakan sabun kewanitaan mengandung zat-zat kimia yang dapat mengganggu keseimbahan pH vagina sehingga membuat koloni bakteri baik mati.

Dengan begitu, secara tidak langsung kita jadi meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri maupun infeksi jamur pada bagian vagina. Sama dengan telinga, bagian vagina bisa bersih dengan sendirinya, kok. Kita cukup menjaganya dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan menjaga agar tidak lembab.

5. Terlalu sering melakukan tindakan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan tindakan pengangkatan sel kulit mati pada bagian-bagian kulit. Sel-sel kulit mati yang ada pada tubuh bisa membuat kulit kita nampak lebih kusam dan tidak berseri. Sehingga banyak orang yang berpikir kalau semakin sering melakukan eksfoliasi, semakin kulit kita menjadi awet muda dan bersih.

Memang tindakan ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mempercepat kulit untuk segera menggantinya dengan sel kulit yang lebih sehat. Tetapi kalau kita melakukannya dalam waktu yang cukup sering, kulit akan kehilangan minyak alami yang ada didalamnya sehingga berpotensi membuat kulit menjadi iritasi.

Terutama bagi kita yang punya kulit kering, semakin sering kita melakukan hal ini, maka kulit akan semakin kering. Ada baiknya kita cukup menggunakannya seminggu satu atau dua kali sesuai dengan jenis kulit kita.

6. Berendam di air panas terlalu lama

Selain membuat tubuh menjadi semakin segar, mandi air hangat juga memberikan efek relaksasi sehingga mengantarkan kita pada tidur yang jauh lebih nyenyak. Namun kalau kita terlalu lama dalam melakukannya, minyak alami yang ada dalam kulit bisa hilang sehingga menjadikannya semakin kering dan rentan mengalami masalah kulit.

Waktu ideal untuk berendan atau mandi air hangat adalah sekitar 10 menit dengan suhu sekitar 41-42 derajat Celcius. Suhu yang lebih panas daripada angka diatas juga berpotensi membuat kulit kita menjadi tidak sehat.

7. Langsung menutup mulut saat bersin

Setiap kita bersin, artinya ada bakteri atau virus yang kita keluarkan. Seringkali tangan kita langsung menanggapinya dengan langsung menutup bagian mulut atau hidung menggunakan kedua tangan. Padahal kita sudah tahu kalau merupakan bagian tubuh yang kerap dijadikan perantara virus atau bakteri untuk masuk ke dalam tubuh kita.

Menutup mulut atau hidung saat bersin itu memang dianjurkan, tetapi baiknya tidak menggunakan tangan. Karena jika kita melakukan hal tersebut, bakteri buruk yang kita keluarkan melalui hidung atau mulut akan berpindah ke tangan. Sementara kalau kita tidak langsung mencuci tangan, bakteri yang menempel pada tangan kita rentan tertular pada orang lain.

Untuk menjaga kebersihan, kita seringkali melakukan berbagai upaya. Tentu saja tidak salah. Namun, ada baiknya kita memastikan dahulu kalau cara yang kita jadikan kebiasaan tersebut memang baik untuk tubuh, ya. 

Sumber : tribunnews

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Owen 19 August 2018 - 12:31:02

Nats Alkitab yang bercerita tentang rapat

0 Answer

Devon ryanto 19 August 2018 - 12:22:57

Cara menang dari dosa pornografi?

1 Answer

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7190

Gempa Lombok