Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
731


"Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!" 1 Petrus 2:17,

Alkitab mengajarkan kita untuk menghormati setiap umat manusia. Kita merupakan gambar dan rupa Allah, karenanya sudah menjadi panggilan kita untuk saling menghargai dan menghormati. Alkitab juga mengajarkan untuk mengasihi sesama.

Dalam kehidupan pernikahan, suami diminta agar mengasihi istrinya, sementara istri menghormati suaminya, seperti tertulis dalam Efesus 5:25, "Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya."

Tiga hal dibawah ini akan menjelaskan tentang kasih dan hormat yang harus kita berikan pada pasangan kita.

1.  Panggilan untuk mengasihi dan menghormati

Istri harus di dorong untuk menghormati suaminya. Wanita dengan mudah bisa mengasihi seorang pria, namun sulit bagi mereka untuk menghormatinya. Inilah yang dikatakan oleh Rasul Paulus sebagai sebuah masalah.

Dalam prakteknya, kita bisa melihat berapa banyak wanita yang memilih untuk kembali pada pacarnya yang sering melakukan kekerasan padanya hanya karena 'masih sayang'. Hal ini adalah salah, karena dalam kehidupan pernikahan, istri seharusnya menghormati suami, sementara suami harus bisa mengasihi istri.

Perintah Alkitab ini ada karena memang sangat sulit untuk melakukan demikian, mengingat wanita jauh mudah untuk mengasihi seseorang dibandingkan menghormatinya. Sementara bagi pria, menghormati jauh lebih mudah dibanding mengasihi. Panggilan seorang suami adalah untuk berkorban bagi istrinya, mengatasi setiap masalah untuknya, sebagaimana Yesus memberikan diriNya untuk gerejaNya.

Baca juga: Saat Menyadari Pasangan Punya Kepribadian Yang Unik, Pahamilah 3 Hal Ini

2.  Kebutuhan kita sebagai suami dan istri

Alkitab mengatakan bahwa gembala harus memberi makan domba, maka kita tahu kalau domba membutuhkan makanan. Hal ini mengungkapkan sesuatu mengenai kebutuhan bagi mereka yang menerima.

Saat firman Tuhan berkata bahwa suami harus mengasihi istrinya, maka kita bisa memahami bahwa istri butuh dikasihi. Sementara bagi istri, ketika diminta untuk menghormati suami, maka suami membutuhkan sebuah rasa hormat dari istriya.

Sebagai manusia, kita cenderung memperlakukan sesama sebagaimana kita ingin diperlakukan. Pada waktu pernikahan mengalami sebuah masalah, kita dan pasangan akan memberi sesuatu yang dirasa kita butuhkan, baik itu kasih maupun hormat.

Istri mencoba untuk memberi kasih pada suami, padahal yang dibutuhkan oleh suami adalah sikap hormat dari sang istri, begitu pun sebaliknya. Inilah kenapa seringkali kita kesulitan untuk keluar dari masalah tersebut.

3. Baik kasih maupun rasa hormat, keduanya memberikan perubahan yang jauh lebih baik bagi kehidupan pernikahan

Kasih dan rasa hormat keduanya sama-sama diperlukan dalam bahtera rumah tangga. Sebagai suami, menduplikasi perbuatan Kristus dalam kehidupan pernikahan itu bukanlah hal yang mudah. Mengingat bahwa Yesus telah mengorbankan diriNya sendiri bagi kita yang berdosa.

Meskipun demikian, kita bisa menjadikan kasih Yesus sebagai teladan. Seorang istri yang dikasihi oleh suaminya akna tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih. Hal yang sama juga akan terjadi saat istri menghormati suaminya, 1 Petrus 3:1-2, "Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataa dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu."

Jadi, sebagai manusia kita harus saling mengasihi dan menghargai satu sama lain. Kita harus melakukannya dengan segenap hati. Namun ketika berada dalam kehidupan pernikahan, suami harus mengasihi istrinya, sementara suamiharus menghormati istrinya. Hasil dari keduanya ini akan sangat menakjubkan.

Sumber : desiringgod

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7270

Konselor