Pengin Karirmu Naik Level? Perluas Kapasitasmu Dengan Gunakan 4 Cara Belajar Ini, Yuk
Sumber: Dailymail.co.uk

Finance / 6 June 2018

Kalangan Sendiri

Pengin Karirmu Naik Level? Perluas Kapasitasmu Dengan Gunakan 4 Cara Belajar Ini, Yuk

Inta Official Writer
2005

Dalam dunia profesional, seringkali kita dituntut untuk menghadapi sesuatu yang baru. Agar bisa bekerja dengan baik, kita harus bisa mempelajari hal tersebut dengan waktu yang cepat. Untuk memperoleh kesuksesan kita harus mau terus bertumbuh dan belajar. Agar kita bisa mempelajari sesuatu dengan waktu yang jauh lebih efisien dan cepat, yuk ikuti 4 cara ini.

1.  Belajar dengan hukum Pareto

Prinsip yang dikemukakan oleh seorang ekonom asal Italia ini mengatakan bahwa dari banyak kejadian, sekitar 80% output akan disebabkan dari 20% inputnya. Inilah mengapa prinsip ini seringkali disebut sebagai prinsip 80/20.

Saat belajar, kita seringkali merasa banyak tidak tahu, sehingga kita berpikir untuk mempelajari banyak hal sekaligus. Padahal cara ini hanya akan menghabiskan waktu belajar kita. Daripada kita belajar banyak hal sekaligus, lebih baik kita fokus terhadap satu atau dua hal yang bisa membawa kita pada tujuan.

Baca juga: Imago 2018 - Tentang Dunia Digital, Inilah Pengertian DIGITAL Bagi Bos Astra Ini

2. Menggunakan teknik Pomodoro

Penting buat kita untuk fokus pada satu hal tertentu dibandingkan mengerjakan banyak hal sekaligus. Pomodoro teknik merupakan teknik manajemen waktu. Cara ini sangat efektif buat menghindari kita dari gangguan atau distraksi.

Cara ini membuat otak kita terbiasa untuk tetap fokus dalam mengerjakan satu hal. Untuk melakukan teknik ini, kita cukup menggunakan timer. Jadi saat mengerjakan sesuatu, kita cukup mengerjakan hal tersebut selama 25 menit, kemudian diselingi interval waktu untuk istirahat selama 5 menit.

25 menit disini digunakan agar kita tidak mudah bosan dalam melakukan satu hal. Sementara 5 menit waktu istirahat memang terkesan sangat sebentar, tetapi jangka waktu ini membuat kita jadi tidak bablas untuk melakukan hal lain yang menyita waktu. Saat otak sudah mulai terbiasa dengan cara ini, lama-lama kita jadi terbiasa untuk mengatur fokus kita tanpa butuh timer lagi.

3. Learn by doing

Dilansir dari Practical Psychology, persentasi manusia belajar adalah 10 persen melalui bahan bacaan, 20 persen lewat audio atau visual, 50 persen melalui peragaan, 70 persen lainnya melalui praktek secara langsung. 

Kita pasti tahu kalau dibandingkan saat melihat tutorial atau panduan tertentu, hal yang kita pelajari jauh lebih mudah saat kita langsung mempraktekkannya. Praktek juga membuat kita jauh lebih mengingat hal-hal yang kita pelajari.

4. Gigih dalam belajar

Banyak orang yang menyerah bahkan sebelum mereka mencobanya. Meskipun penting buat kita untuk tahu kapan harus berhenti, banyak orang yang sudah berhenti bahkan sebelum meraih waktunya untuk berhenti.

Menurut seorang pengusaha sekaligus penulis buku Seth Godin, banyak orang yang memutuskan untuk menyerah karena 5 hal ini; saat kita sudah tidak punya waktu lagi, saat tidak punya uang lagi, saat kita mengalami ketakutan, saat kita tidak serius dan ketika kita kehilangan interest atau ketertarikan. Kesuksesan tidaklah dicapai dalam waktu singkat dan dengan cara instan. Karenanya kita harus gigih saat belajar mengenai hal baru.

Keingintahuan dan belajar tidak hanya akan memperluas kapasitas kita, tetapi juga bisa membawa kita pada kesempatan baru. Jadi, jangan pernah puas terhadap apa yang kita miliki sekarang ini, ya.

 

Sumber : Practical Psychology
Halaman :
1

Ikuti Kami