Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
315


Waktu tidur kita pasti gak bakal merasa nyaman kalau gak pakai bantal. Paling gak kita punya satu bantal yang bisa menopak bagian kepala dan membuatnya lebih rileks selama istirahat.

Sebagai masyarakat awam, pengetahuan kita soal penggunaan bantal terbilang minim. Kita bahkan gak pernah kepikiran soal cara memakai bantal yang tepat. Padahal saat bantal dipakai dengan cara yang salah, seseorang bukannya mendapat kualitas tidur yang baik melainkan akan mengalami berbagai macam penyakit.

Berikut 5 penyakit yang disebabkan oleh penggunaan bantal yang salah.

1. Menimbulkan nyeri dan kekakuan di bagian tubuh

Berapa banyak dari kita pernah merasa sakit di bagian tubuh tertentu setelah bangun tidur? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh cara tidur yang salah di malam hari. Tidur dengan posisi bantal yang salah juga bisa jadi penyebab utamanya loh!

Tidur menyamping dengan menggunakan bantal yang terlalu tinggi bisa membuat tubuh nyeri loh! Jadi biar bagian otot leher atau bahu gak nyeri, pakailah bantal dengan posisi yang nyaman (tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah).

2. Sebabkan jerawat

Apa kamu pernah tiba-tiba berjerawat sehabis bangun tidur? Kondisi bantalmu bisa jadi penyebabnya. Jerawat bisa muncul saat bantal yang dipakai tidur dalam kondisi kotor. Kebiasaan menempelkan wajah di bagian bantal kemungkinan adalah penyebabnya.

3. Tidur jadi terganggu

Ada saat kita merasa gelisah ketika tidur dan mulai membolak-balik posisi bantal. Tapi posisi bantal yang tidak benar ini justru membuat tidur tak lagi nyaman. Tidur di atas bantal yang tidak nyaman hanya akan menyulitkan otak dan tubuh untuk beristirahat dengan rileks. Saat tidur terganggu, tentu seseorang akan mengalami kelelahan di siang hari.

Jangan memaksa untuk terus memakai bantal yang tak lagi nyaman. Kalau perlu gantilah dengan bantal yang baru dan yang lebih nyaman demi menjaga kesehatanmu.

Baca Juga:

Posisi Tidur Pasanganmu Bisa Ungkap Perasaannya Loh. Yuk Periksa Kebiasaan Tidur Kalian

4. Alergi

Bantal yang gak pernah dicuci, dibersihkan atau dijemur di bawah sinar matahari hanya akan jadi sarang kutu atau tungau debu. Tungau-tungau inilah yang kemudian jadi pemicu alergi dan asma. Biasanya tungau ini akan menyerang pernapasan, menimbulkan gatal pada kulit, hidung dan tenggorokan.

5. Menyebabkan kematian pada bayi

Banyak kasus kematian pada bayi yang disebabkan oleh penggunaan bantal kepala dan penyangga di bagian samping kiri dan kanan. Kematian ini terjadi karena bantal yang dipakai di bagian kepala bayi bisa bergeser dan membuat bayi sulit bernapas. Sementara bantal penyangga bisa membuat bayi kepanasan.

Jadi supaya bantal bisa mendukung kualitas tidur yang baik, sangat dianjurkan untuk memposisikan bantal dengan tepat.

  • Letakkan bantal tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sebaliknya, posisikan bantal di bagian yang setara dengan posisi kepala.
  • Untuk posisi tidur menyamping, gunakanlah bantal yang tebal untuk mengisi jarak antara telinga dan bahu. Tempatkan juga bantal di antara lutut dan pinggul untuk mencegah nyeri saraf dan otot saat bangun tidur.
  • Selipkanlah bantal di bawah perut saat posisi tidur mengekuk perut. Hal ini mencegah terjadinya nyeri pada punggung bawah.
  • Sementara buat posisi tidur telentang, posisikanlah bantal sebaris dengan kepala dan tulang belakang. Pilih juga bantal yang lembut untuk membuat leher dan kepala nyaman sepanjang tidur.

Inilah informasi yang perlu kamu tahu soal penggunaan bantal yang tepat. Mulailah untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak dengan menerapkan penggunaan bantal yang tepat ya!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7270

advertise with us