Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
267


Belum lama ini warganet dihebohkan dengan cerita dari salah satu maskapai penerbangan di Indonesia. Hal ini dikarenakan ada salah satu penumpang yang bercanda mengenai bom. Candaan yang dilontarkan oleh pemuda ini menyebabkan para penumpang pesawat langsung panik bahkan hingga membuka paksa pintu darurat pesawat dan beberapa diantaranya nekat meloncat dari pesawat.

Hayo, setelah mendengar berita diatas, apa yang kira-kira akan kita lakukan? Ada banyak orang diluaran sana yang kemudian menanggapi kejadian ini dengan komentar-komentar yang terkesan negatif. Ada banyak penghakiman-penghakiman dari warganet yang dilontarkan oleh pemuda diatas tadi.

Tanpa sadar, media pemberitaan memberikan kita informasi yang seringkali mempengaruhi sikap dan pandangan kita terhadap sesuatu. Berita-berita seperti terorisme, bencana, aksi kekerasan, kriminalitas, korupsi bahkan celetukan-celetukan ringan sudah menjadi konsumsi sehari-hari buat kita, khususnya generasi milenial ini.

Nah supaya kita tetap bisa menikmati informasi tapi tidak terlarut dalam pemberitaan negatif, yuk simak tips dibawah ini.

1. Memilah informasi yang bisa kita nikmati

Untuk bisa memilah informasi yang baik, kita harus menyadari berita yang membuat kita tidak nyaman. Setiap berita yang tersebar, pasti juga menerima tanggapan yang berbeda-beda. Misalnya dalam berita kriminalitas, kakak atau orang tua kita baik-baik saja menerimanya.

Tapi kita, dilain sisi menanggapinya dengan perasaan negatif seperti kesal, marah atau cemas. Kalau sudah tidak nyaman seperti ini, ada baiknya kita memberanikan diri buat bilang ‘tidak’ dengan berita yang tersebar ini.

Baca juga: Tidak Perlu Menjadi Orang Besar, Yuk Berikan Inspirasi Buat Orang Lain Dengan 3 Ini

2. Selalu dapatkan informasi dari sumber yang terpercaya

Kita semua pasti setuju kalau era banjir informasi seperti sekarang ini, banyak sekali berita yang cenderung memihak, hoax, bahkan mengandung ujaran kebencian. Sangat bijak buat kita untuk menyaring setiap portal-portal berita yang hendak kita nikmati.

Dari sini juga kita dituntut untuk menjadi pribadi yang kritis dalam menerima beragam informasi tersebut. Cermati kembali alamat URL dari situs berita tersebut. Jika situs tersebut belum terverifikasi, misalnya masih menggunakan domain blog, bisa jadi informasi tersebut bersifat subjektif.

3. Sikapi mereka yang menyebarkan informasi negatif

Sekarang ini kita harus berani menjadi tegas dengan berita-berita yang ada di sekitar kita. Kalau sekiranya ada akun yang menganggu dan menyebarkan berita kebencian atau hal negatif, ambillah sikap berani dengan memblock akun tersebut.

Kalau kita merasa akun tersebut menyebarkan berita hoax dan kita punya kenalan atau sumber informasi lain yang bisa dijadikan bahan referensi, kita bisa ikut ‘nimbrung’ di kolom komentar dengan memberikan informasi yang benar.

4. Tidak terbawa perasaan dengan berdebat di kolom komentar

Belakangan ini ada banyak konten-konten yang sangat rawan menimbulkan konflik. Konten seperti ini bisa membuat kita terprovokasi dengan ikut berkomentar dan memicu perdebatan. Daripada kita terlibat dalam perdebatan di kolom komentar yang tidak ada tujuannya, ada baiknya kita membawa bahan ini menjadi masalah diskusi bersama orang yang bisa menjadi lawan diskusi yang baik untuk kita.

Sebagai orang percaya, kita harus bisa bijak dalam meresponi informasi yang kita dapatkan. Agar kita tidak tersesat dan terjebak dalam berita yang negatif, kita juga harus membentengi diri kita dengan informasi yang benar yang sesuai dengan firman Tuhan. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7271

Konselor