Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
522


Dimana pun itu, kadang kita bisa berada dalam sebuah skala ekstrovert atau introvert, dan itu cukup bagus untuk mempelajari taktik yang lebih baik agar kita bisa bergaul dengan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari kita.

Bergaul dengan orang lain itu nggak rumit, kita harus bikin sebuah pilihan yang disengaja agar bisa berlatih terus menerus sehingga bisa berinteraksi dengan mereka dalam kehidupan harian kita. 

Selain karena kita mahluk sosial, sebagai orang Kristen pun kita perlu mengetahui cara berinteraksi dengan baik, agar kita mampu menyampaikan kasih Allah lewat hidup kita, cara kita bicara, mendengar bahkan jika kemungkinan nggak sungkan mendoakan mereka.

1. Dengarkanlah dengan maksud agar kamu mengerti

Kebanyakan  orang mau mendengarkan karena mereka ingin membalas apa yang orang lain bicarakan, bukan karena ingin mengerti apa yang disampaikan

-Stephen R. Covey

Jika kita memahami apa yang menjadi prioritas orang di lingkaran sosial apapun, kita akan menemukan bahwa sangat mudah bagi kita untuk bergaul dengan orang lain. Adalah pilihan bagi kita untuk menginvestasikan waktu dan upaya emosional sehingga hambatan untuk hidup harmonis pun diruntuhkan.

Merencanakan atau mempersiapkan diri untuk memahami orang lain merupakan langkah pertama yang sangat besar. Kita bisa melakukan ini dengan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain tanpa menyela ketika mereka berbicara, atau membuat sebuah komentar yang tepat pas mereka berbicara, dan lain sebagainya.

2. Bersikaplah dengan sopan

Orang kasar itu nggak pernah bisa akur dengan orang lain. Biasanya orang yang kasar, akan berteman dengan orang kasar juga, tapi ini masih belum terbukti.  Hati-hatilah  dengan perasaan orang lain, kita harus belajar peka dan bersikap sopan dengan mereka. Sikap sopan akan meninggalkan dampak yang sangat positif  yang bahkan melebihi dari apa yang kamu sadari. Dengan begitu, kita memiliki banyak teman yang baik dan berlaku sopan juga kepada kita. Bukankah ini adalah hukum tabur tuai?

3. Ambillah kesempatan untuk mengatakan kata yang baik yang mendorong mereka. Selalulah begitu!

Kadang, ada banyak orang yang nggak berani memuji atau memotivasi orang lain. Entah karena faktor malu, atau egois, namun yang jelas tidak semua orang yang berani dan mudah melontarkan kalimat pujian dan motivasi kepada orang lain.

Cobalah sesekali memuji pekerjaan baik yang dilakukan oleh temanmu, bahkan bawahanmu.

Kalau memang dia membutuhkan kritikan, coba bicarakan dengan lembut, jangan kasar apalagi berteriak.

Kalau kamu mengenal seseorang yang butuh motivasi dan dorongan, cobalah datangi dan berikan dia dorongan, kuatkan dia.

Satu kalimat motivasi dan dorongan dari kamu, sangat mampu mendorong dan mengubah hidup seseorang lho!

Sebagai orang Kristen yang percaya Yesus, tindakan ini merupakan bagian daripada kasih dan firman Allah.

Yesaya 61:1-4 " Roh Tuhan ALLAH ada padaku  , oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik  kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,  untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan  kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya."

4. Tetap memiliki pikiran yang terbuka kepada semua orang

Untuk sesuatu yang perlu didiskusikan, bicarakanlah baik-baik, nggak perlu berdebat.

Terimalah sudut padang seseorang, karena sudut pandangmu tidak selalu sama dengan semua orang. Orang-orang kadang memiliki beragam sudut pandang yang berbeda.

Salah satu tanda bahwa pikiran kita terbuka terhadap orang lain adalah, kita berani mendengarkan orang lain berbicara, bahkan tanpa menyela sekalipun mereka nggak setuju dengan pandangan yang kita ungkapkan. Perbedaan adalah wajar, kita adalah manusia justru itulah yang bikin kita semua unik dan juga istimewa.

Sebagai orang Kristen, kita perlu memiliki banyak teman dan sahabat, kita juga perlu pintar bergaul dan ramah terhadap sesama. Hal ini bukan semata-mata agar kita terlihat hebat tetapi untuk menyampaikan firman Allah ke seluruh dunia kita tidak bisa sendirian, kita butuh orang lain yang mendukung dan bersama-sama dengan kita. Bukan begitu?

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer

johny santoso 18 June 2018 - 14:02:48

perceraian

0 Answer

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7436

advertise with us