Soal Israel Tolak Visa Turis dari Indonesia, Ini Tanggapan Pdt. Rachmat Manullang

Soal Israel Tolak Visa Turis dari Indonesia, Ini Tanggapan Pdt. Rachmat Manullang

Budhi Marpaung Official Writer
2475

Kebijakan pemerintah Israel menolak visa turis-turis dari Indonesia mendapat respon beragam khususnya dari kalangan umat Kristen di tanah air. Pendeta Rachmat Manullang yang dikenal sebagai salah satu tokoh kegerakan doa di tanah air memiliki tanggapan pribadi.

“Penolakan Israel terhadap passport dari WNI adalah reaksi penolakan Indonesia terhadap passport warga Israel yang akan masuk ke Indonesia. Seharusnya dengan situasi ini ada mediasi kembali dari pemerintah RI untuk bisa cari solusi agar masyarakat kedua belah negara tidak jadi korban kebijakan dari pemerintah,” demikian jawab Pdt. Rachmat Manullang yang dikirimkan via chat Whatsapp kepada Jawaban.Com, Kamis (31/5/2018).


Menurutnya, walaupun Indonesia mendukung keberadaan negara Palestina dan sampai saat ini tidak ada hubungan diplomasi dengan Negara Israel, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa Israel dianggap sebagai tanah suci bagi masyarakat yang beragama Kristen, selain bagi orang muslim dan Yahudi.

Baca Juga: Rachmat Manullang, Pendeta yang Juga Sukses Sebagai Pendidik

Pdt. Rachmat Manullang berpesan agar umat Kristen di Indonesia mendoakan pemerintah supaya pihak yang memiliki otoritas di bangsa ini diberi hikmat menyelesaikan masalah yang ada.

“Berdoa supaya Tuhan turut campur tangan kepada pemerintah Indonesia dan pemerintah Israel,” pungkas pria yang menjabat sebagai Ketua Sinode Gereja Kristen Kemah Daud ini.

Sumber : Pdt. Rachmat Manullang; Jawaban.Com

Ikuti Kami