Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
469


Kebanyakan orang memulai pagi hari dengan secangkir kopi. Secara keseluruhan, kopi memang ada baiknya untuk kesehatan. Berbagai penelitian bahkan menjelaskan bahwa kopi dapat menurunkan risiko penyakit diabetes, liver bahkan kanker.

Tapi ingat lho ya, kandungan yang baik pada kopi tidak akan kita temukan pada kopi-kopi sachet karena biasanya kopi sachet mengandung banyak gula dan krim daripada kopinya. Selain campuran kopi yang terkandung di dalamnya, jam-jam kita untuk mengonsumsi kopi juga sangat berpengaruh pada kesehatan. Ada banyak orang yang mengaku belum melek kalau belum meneguk segelas kopi.

Kafein yang terkandung dalam kopi seringkali bikin banyak orang kecanduan. Nggak heran kalau sekali minum kopi di pagi hari akan bikin tubuh menagih terus asupan kopi tiap harinya. Hal ini bisa dijelaskan secara medis, lho. Yuk simak fakta-fakta berikut ini.

Tubuh memproduksi kafein sendiri


Faktanya, pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk meneguk minuman berkafein ini. Hal ini karena setiap pagi tubuh kita secara alami memproduksi hormon yang berfungsi mirip dengan kafein, yaitu bikin kita terjaga. Hormon ini disebut sebagai hormon cortisol yang diproduksi pada jam 8-9 pagi, 12-1 siang, dan 5.30-6.30 sore. 

Produksi hormon satu ini mengikuti jadwal biologis tubuh. Karenanya, kalau kita ingin tetap terjaga dan semangat pada pagi hari, daripada meneguk segelas kopi, ada baiknya kita mencari sinar matahari dan mulai untuk berolahraga.

Biar produksi hormon cortisol yang mirip dengan fungsi kafein ini tidak terbuang sia-sia, ada baiknya kita menghindari mengonsumsi kopi pada jam-jam diatas.

Baca juga: Nggak Cuma Rasanya Yang Mendunia, Durian Juga Punya 5 Keuntungan Bagi Kesehatan Kita Ini!

Kopi di pagi hari bikin kita ketagihan


Semakin sering kita mengonsumsi kopi pada jam-jam produksi hormon cortisol meningkat, maka tubuh akan mengalami pengurangan dalam memproduksi hormon ini secara alami. Jadi tubuh akan terus menerus minta asupan kopi pada jam-jam tersebut. Inilah kenapa tubuh sering sekali lemas pada pagi hari kalau belum meneguk segelas kopi karena seakan-akan tubuh mendorong kita jadi butuh stimultan buatan agar tubuh tetap terjaga.

Jam minum kopi yang paling baik


Kalau kita lihat dari 3 waktu diatas tadi, ada baiknya juga kita tidak meminum kopi menjelang wkatu tidur. Tentu saja, kopi akan membuat kita menjadi awas dan terjaga. Waktu diatas tadi juga diperuntukkan buat kita yang punya jam tidur normal.

Sebagian orang membutuhkan kopi untuk membuat dirinya tetap terjaga dengan berbagai alasan. Pekerjaan atau tugas, misalnya. Tapi jam berapa pun kita bangun di pagi hari, ada baiknya kita tidak langsung mengonsumsi kopi dan memberikan tubuh kesempatan untuk memproduksi hormon cortisol secara alami.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7227

Superyouth